ORIENTASI DAN STRATEGI PENDIDIKAN DALAM MENGAHADAPI ERA GLOBALISASI

Authors

  • N. Fathurrohman Fakultas Agama Islam UNSIKA

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan di era Globalisasi masa kini dihadapkan kepada tantangan yang semakin berat. Tantangan tersebut berupa timbulnya aspirasi dan idealitas umat manusia yang multi-interest yang berdimensi nilai ganda dengan tuntutan hidup yang multi kompleks pula. Jadi tugas pendidikan dalam proses pencapaian tujuannya tidak lagi menghadapi problema yang simplisistis, melainkan sangat kompleks akibat rising demand manusia yang semakin kompleks pula.

Problema yang dihadapi manusia modern, menghendaki visi dan orientasi pendidikan yang tidak semata-mata menekankan pada pengisian otak tetapi juga pengisian jiwa, pembinaan akhlak dan kepatuhan dalam menjalankan ibadah. Yaitu suatu upaya yang mengintegrasikan berbagai pengetahuan yang terkotak-kotak ke dalam ikatan tauhid, yaitu suatu keyakinan bahwa ilmu-ilmu yang dihasilkan lewat penalaran manusia itu harus dilihat sebagai bukti kasih sayang Tuhan kepada manusia, dan harus diabdikan untuk beribadah kepada Tuhan melalui karya manusia yang ikhlas.

Dalam situasi yang demikian itu, pendidikan harus memainkan peran dan fungsi kultural, yaitu suatu upaya melestarikan, mengembangkan, dan mewariskan cita-cita masyarakat yang didukungnya. Dalam fungsi ideal ini pula sebuah lembaga pendidikan juga bertugas untuk mengontrol dan mengarahkan perkembangan masyarakat.

Sehingga orientasi pendidikan yang seringkali masih kepada kehidupan ukhrawi, mestinya dirubah menjadi duniawi-ukhrawi secara bersamaan. Orientasi ini menghendaki suatu rumusan tujuan pendidikan yang jelas karena itu program pembelajarannya harus diproyeksikan ke masa depan dari pada masa kini atau masa lampau. Meskipun masa lampau dan kini tetap dijadikan khasanah kekayaan empiris yang amat berharga bagi batu loncatan ke masa depan.

Untuk menjawab tantangan era globalisasi tersebut, pendidikan perlu melakukan perubahan-perubahan yang signifikan terutama berkaitan dengan Visi dan Orientasinya serta dituntut untuk menerapkan pendekatan dan orientasi baru yang relevan dengan tuntutan zaman.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Era Globalisasi, Orientasi, dan Strategi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Syaibany, Omar Moh. Al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979).

Buchori, Mochtar, Ilmu Pendidikan dan praktik Pendidikan, (Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta, 1994).

Darma, Satria, Sekolah Berbasis Keagamaan Dan Tantangan Bersama Di Masa Depan,dalamhttp://klubguru.com/view.php?subaction=showfull&id=1236307194&archive=&start_from=&ucat=3&Faisal, Jusuf Amir, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Gema Insani Press, 1995).

Fakih, Mansour, Pendidikan Popular Membangun Kesadaran Kritis, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002).

Hidayat, Komarudin, Upaya pembebasan Manusia Tinjauan Sufistik terhadap Manusia Modern Menurut Nasr, dalam Dawam Rahardjo, (ed), Insan Kamil Konsepsi Manusia menurut Islam, (Jakarta: Grafiti Press, 1987).

Jalal, Fasli, Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, (Yogyakarta: Adicita, 2001).

Kartasasmita, Ginandjar, Karakteristik dan Struktur Masyarakat Indonesia Modern, Makalah Disampaikan pada Uji Sahih Penyusunan Konsep GBHN 1998,Yogyakarta, 29 Juni 1997.

Madjid, Nurcholis, Islam Kemodernan dan Keindonesiaan, (Bandung: Mizan, 1997).

Nasution, Harun, Islam Rasional, (Bandung: Mizan, 1997).

Nasution, S., Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Citra Aditya Bakti, 1991)

Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Prenada Media, 2003).

Noer, Deliar, Pembangunan di Indonesia (Jakarta: Mutiara, 1987), hal. 24.

Rahmat, Jalaludin, Islam menyongsong Peradaban Dunia Ketiga, dalam Ulumul Qur’an, Vol. 2, 1989.

Saleh, Abdul Rahman, Konsepsi dan Pengantar Dasar Pembaharuan Pendidikan Islam, (Jakarta: DPP GUPPI, 1993).

Sayidiman Suryohadiprojo, Makna Modernitas dan Tantangannya terhadap Iman, dalam http://sayidiman.suryohadiprojo.com

Shihab, Quraysh, Wawasan al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 1996), hal.198

Soyomukti, Nurani, Pendidikan Berspektif Globalisasi, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008).

Surya, H. Mohamad, Bunga Rampai Guru dan Pendidikan, (Jakarta: Balai Pustaka, 2004).

Tilaar, H.A.R., Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Strategi Reformasi Pendidikan Nasional, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset,: 1999).

W. Purbo, Onno, Tantangan Bagi Pendidikan Indonesia, From: http:// www. detik. com/net/ onno/ jurnal/ 20004/ aplikasi/ pendidikan/p-19.html. 2000.

Wijaya, Cece, et.al., Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1992).

Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, (Yogyakarta, Bigraf Publishing, 2000).

Published

2023-03-16

How to Cite

Fathurrohman, N. (2023). ORIENTASI DAN STRATEGI PENDIDIKAN DALAM MENGAHADAPI ERA GLOBALISASI. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/785