PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Intisari Intisari Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kabupaten Karawang

Abstract

ABSTRAK

Mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan diseluruh jenjang persekolahan dari sejak tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi, materi atau bahan ajarnya disesuaikan dengan tahap perkembangan dan pertumbuhan peserta didik (siswa). Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini, matematika dapat dikatakan sebagai ilmu dasar untuk menguasai berbagai macam ilmu pengetahuan, karena tanpa berpikir logis, kritis dan analisis dalam dunia ilmu pengetahuan, kecil kemungkinan tidak akan maju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apalagi dalam dunia kehidupan sehari-hari, matematika tidak akan mungkin lepas dari hidup dan kehidupan.

Namun kenyataan dilapangan atau di sekolah-sekolah, matematika nampaknya menjadi mata pelajaran yang paling tidak disukai oleh sebagian besar siswa, hal ini ditunjukkan hasil survey tentang persepsi siswa terhadap mata pelajaran dan materi ajar matematika didapat bahwa matematika menakutkan, memusingkan, menyebalkan bahkan membuat pusing kepala dan stress.

Hal ini juga didukung hasil survey didapat bahwa belajar matematika itu sering terjadi hari ini ingat besok dicoba lagi lupa serta memahami matematika sangat tidak cepat dan selalu tidak paham.

Dalam pembahasan hasil survey ini, diberikan saran-saran kepada seluruh guru matematika harus berusaha merubah paradigma mengajar yang tadinya “teacher center”, “king of class” menjadi “student center” dan bukan guru yang paling pandai di kelas serta selalu terus menjadi agent of change dalam melakukan proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, dengan kata lain guru dijaman sekarang harus memiliki kreativitas untuk berinovasi dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Persepsi Siswa, student center, agent of change, kreativitas, dan inovasi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ruseeffendi (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Jakarta : Bumi Aksara Baru.

Wahyudin (2010). Jurnal Pendidikan Universitas Pasundan. Bandung : Jurnal Pendidikan Unpas Press.

Sanjaya, W.(2008). Strategi Pembelaharan Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Prenada Press.

Barnett Berlly (2011). Teaching 2030. USA : Teacher College Press.

Published

2023-03-16

How to Cite

Intisari, I. (2023). PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/786