GURU DAN TANTANGAN PERUBAHAN

Authors

  • Masykur H Mansyur Fakultas Agama Islam UNSIKA

Abstract

ABSTRAK

Tugas guru bukan sekedar transfer ilmu pengetahuan semata kepada orang lain dalam hal ini murid, tapi guru juga bertanggung jawab atas pengelolaan, pengarahan dan perencanaan. Oleh karena itu tugas guru dalam pendidikan mencakup berbagai aspek sebagai seperti; instruksional (pengajar), pendidik (educator), pemimpin (managerial). Dan masih banyaktugas-tugas guru yang lainnya dalam menghadapi tantangan hidup pada masa-masa mendatang yang penuh dengan berbagai tantangan.

Tantangan guru masa depan adalah mampu bersaing dalam abad 21. Setidaknya mampu berpikir kritis atau critical thinking dan mampu berkomunikasi dengan baik terhadap semua pihak. Apalagi kehidupan anak-anak sekarang sedang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi, karena itu guru juga dituntut untuk melek telekomunikasi dan informasi secara baik, sehingga guru tidak boleh kalah dengan siswa.

Walaupun peran alat dan media, sarana prasarana, multi media dan teknologi hanyalah media atau alat yang dapat digunakan oleh guru sebagai teachers companion (sahabat mitra guru) dalam proses pembelajaran. Bahwa memang peran guru dalam pembelajaran memiliki peran yang sangat sentral dalam membimbing, mengarahkan dan mendidik siswa dalam proses pembelajaran, yang tidak mungkin digantikan oleh alat dan media apapun. Karena itu guru harus bisa menjadi seorang pembelajar atau terus mau belajar dan mengembangkan dirinya. Guru yang memiliki kemauan yang kuat untuk terus belajar dan berkarya tentu akan menghasilkan generasi pembelajar sepanjang hayat yang nantinya akan memberikan kontirbusi yang terbaik bagi perkembangan diri pribadi,  peserta didik dan masyarakat sekitarnya.

Disamping tugas pokok guru seperti disebutkan diatas, hemat penulis guru sekarang hendaknya mendapatkan tugas tambahan. Mengingat saat ini guru dihadapkan dengan maraknya narkoba, free sex dan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) Tugas tambahan tersebut yaitu menyinggung tentang betapa besar bahaya yang ditimbulkan akibat dari perilaku menyimpang dimaksud. Jangan sampai perilaku tersebut menimpa pada murid-muridnya.

Kata Kunci: Tugas Guru; Tantangan Guru Masa Depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adian Husaini, LGBT di Indonesia Perkemabngan dan Solusinya, Jakarta, INSISTS, tt,

Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami. Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: PT. Remaja Sosdakarya, Cet. III, 2008.

Darmaningtyas, dalam Republika, Hari Guru Nasional, 25 September 2015, diunduh Selasa 27 September 2016, 16:14

Dyah Ratna Meta Novia dan Andi Nur Aminah, Republika online, Ini Tantangan Guru Masa Depan Versi Mendikbud, Selasa 23 Agustus 2016. Di unduh 25 Agustus 2016. 2:26 PM.

Dyah Ratna Meta Novia,Republika, 3 Mei 2016, Survei: Gaji Pendidik Belum Memuaskan.

H.A.Malik Fadjar, Visi Pembaruan Pendidikan Islam (Ed. Mustofa Syarif, Juanda Abubakar), Jakarta, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia, 1998.

Hamka, Tafsir al-Azhar, Jilid 6, Jakarta: GIP, 2015.

Home Khazanah Dunia Islam, Khofifah Ingatkan Bahaya Narkoba Menyusup ke Pesantren, Republika 20 April 2016.

Kompas Com News. Pengguna Narkoba di Kalangan Remaja Meningkat, (7 Maret 2013). Diunduh Senin 26 September 2016 pukul 19.50 WIB.

NK. Rustiyah, Masalah-masalah Ilmu Keguruan, Jakarta, Bina Aksara, 1982.

Ratna Megawangi, Semua Berakar pada Karakter Isu-isu Permasalahan Bangsa, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2007, hlm. 57

Rudiantara, dalam Republika Online, Pemerintah Resmi Minta Google Blokir Situs dan Aplikasi Gay, Jum’at 16 September 2016, diunduh Selasa, 27 September 2016, pukul 16:29 Wib.

Zulfikri Anas (Peneliti Indonesia Bermutu, Pembina Yayasan Perguruan al-Iman Citayam Bogor), Guru Sang Pembelajar, Republika, Selasa 27 September 2016.

Zulfikri Anas, (Peneliti Indonesia Bermutu, Pembina Yayasan Perguruan al-Iman, Citayam Bogor, Republika, Guru Sang Pembelajar, Selasa 27 September 2016.

Published

2023-03-16

How to Cite

Mansyur, M. H. (2023). GURU DAN TANTANGAN PERUBAHAN. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/789