IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Candra Chisara Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hendra Kartika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari  kajian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran matematika. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) merup akan suatu pendekatan pembelajaran matematika yang melibatkan realitas dan pengalaman siswa. Dalam pembelajaran matematika siswa dituntut agar lebih aktif dalam mencari dan menemukan suatu permasalahan, sehingga pembelajarannya menjadi berpusat pada siswa (student centered). Melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) siswa dapat mengetahui keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari (kehidupan dunia nyata) dan mengetahui kegunaan matematika pada umumnya bagi manusia, melalui langkah-langkah dengan memberikan masalah kontekstual, menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri, memunculkan interaksi, membandingkan dan mendiskusikan jawaban, serta menyimpulkan hasil diskusi. Pendekatan Realistic Mathematics Education sesuai dengan proses pembelajaran matematika, dimana siswa harus aktif dan berani mengeluarkan pendapatnya. Hasil berbagai kajian terkait pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) ini memperlihatkan bahwa, pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) sangat penting di implementasikan pada siswa dalam proses pembelajaran matematika.

Kata kunci : PendekatanRealistic Mathematics Education (RME)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anasrudin, dkk. (2014). “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Eucation (RME) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kendari”. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 2, (2), 1-18.

Armanto, D. (2002). “Teaching multiplication and division realistically in Indonesian primary schools: a prototype of local instructional theory”. Disertasi doktor, University of Twente.

Bunga, dkk. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Siswa SMP Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. No. 1, 26-32, Maret 2015.

Chotimah. (2015). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Di Kota Bandung Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Siswa SMP Di Kota Bandung”. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. Vol 9, (1), 26-32, Maret 2015.

Fauzan, A. (2002). “Applying realistic mathematics education in teaching geometry in Indonesian primary schools”. Disertasidoktor, University of Twente.

Hadi, S. (2002). “Effective teacher professional development for the implementation of realistic mathematics education in indonesia”. Disertasi doktor, University of Twente.

Hadi, S. (2004). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Disertasi SPs UPI Bandung: Tidak Dipublikasikan.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, Dan Implementasinya. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Hafiz. (2010). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan keguruan UIN Syarif Hidayatullah: tidak diterbitkan.

Marpaung, Y. (2001). Prospek RME Untuk Pembelajaran Matematika Di Indonesia. (Makalah disampaikan pada Seminar Nasional tentang Realistic Mathematics Education Universitas Negeri Surabaya).

Ruseffendi. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Suriyanti dan Sahidin. (2013). “Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari”. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. Vol 1, (1), Mei 2013.

Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulkardi. (2002). “Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teachers”. Disertasi doktor, University of Twente.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2021). IMPLEMENTASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097

Terbitan

Bagian

Artikel