HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PEMBELAJARAN PRAKTEK LABORATORIUM KEBIDANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Main Article Content
Abstract
Untuk menghasilkan bidan yang memiliki kompetensi sesuai dengan harapkan maka dibutuhkan pengelolaan pendidikan yang berkualitas. Terdapat lima faktor penentu mutu layanan jasa, yang pada akhirnya menjadi penentu tingkat kepuasan, termasuk didalamnya adalah kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran laoratorium kebidanan. Penelitian bertujuan mengungkapkan kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran laboratorium di Prodi Kebidanan UNSIKA. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif analitik. Data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran angket kepada mahasiswa semester II, IV dan VI secara acak. Dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen yaitu persepsi mahasiswa berhubungan secara bermakna dengan variabel dependen yaitu kepuasan mahasiswa dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Mahasiswa berpendapat bahwa persepsi mutu pembelajaran praktik laboratorium kebidanan baik. Yang paling dominan yaitu persepsi mengenai empati dosen dan pengelola Program Studi Kebidanan, dalam memberikan perhatian mengenai pentingnya pembelajaran praktek laboratorium. Walaupun dilihat dari hasil penelitian bahwa persepsi mutu mahasiswa baik (>60%), Prodi Kebidanan UNSIKA harus terus berupaya meningkatkan kualitas dalam program pembelajaran praktek Laboratorium.
Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Pembelajaran Laboratorium
Downloads
Article Details
References
Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosda.
Arman Freigenhaum V, 1990. Kembali Mutu Terpadu I. Jakarta : Erlangga
Budi Erindra Cahyanto & Listyaningsih Endang. 2012. Implementasi Pembelajaran Skill Laboratorium. Surakarta. Jurnal.Akbideub.ac.id
David, Fred,R. 2009. Strategic Management. Jakarta : Salemba Empat.
Deswani. 2010. Panduan Praktik Klinik di Laboratorium Keperawatan Maternitas. Jakarta: Salemba.
Gandasoebrata. 2007. Penuntun Laboratorium Klinik. Jakarta: Dian Rakyat.
Hadi. Anwar. 2010. Sistem manajemen mutu laboratorium. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Hamzah, B, Uno. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Machfoedz, Ircham. 2010 Cara Membuat Kuesioner & Panduan Wawancara (alat ukur penelitian). Yogyakarta : Fitramaya.
Melasari. Nur. 2014. Panduan Lengkap & Komplet Praktikum Kebidanan. Yogyakarta: Diva Press
Mustaji, 2009. Laboratorium Perspektif Teknologi Pembelajaran.Surabaya.
Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Pohan, S.Imbalo. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta : EGC .
Parasuraman, 2003. Listening to People living in proverty. Bangalore : Book for Change
Sanjaya. Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media
Santrock, John, W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Grup.
Sarwono. Jonathan. 2014. Riset Skripsi & Tesis dengan SPSS 22. Jakarta : Elex Media Computindo.
Simanjuntak Rismaniar.2013. Hubungan metode pembelajaran Laboratorium dengn Hasil Belajar Praktik Asuhan Kebidanan Kehamilan pada Mahasiswa Kebidanan Widya Husada Medan Tahun 2013. Helvetia.ac.id/jurnal kesehtan
Siregar.Syofian, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Jakarta: Prenada Media.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Surabaya: Alfabeta
Sumadireja. Ahmad Surjadi.2014. Kecerdasandan lingkungan pendidikan. Bandung: Mandar Maju
Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Caps (K)
Suherlan, Herlan. 2013. Psikologi Pelayanan. Bandung : Media Perubahan.
Sutomo, Adi Heru., et. el. 2011 Teknik Menyusun KTI-Skripsi-Tesis Tulisa Jurnal. Yogyakarta : Fitramaya.
Suryadi.P. 2007. Filosofi Baru Tentang management Mutu edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara
Syahu, O Sugian. 2006. Kamus Manajemen Mutu. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Tampubolon. Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas, Jakakarta: Erlangga.
Tjiptono, Fandi dan Chandra Gregorius. 2011. Service, Quality & Satisfaction.Yogyakarta : Andi.
Toyibah Aftani dan Hmarno Rudi. 2012. Strategi Optimalisasi Pembelajaran Laboratorium Skill, Kompetensi Pertolongan Prsalinan. www. e- jurnal.com
Yaumi.Muhammad, 2014. Action Research. Jakarta: Kencana (Prenada).9