Pengaruh Model Pembelajaran Cooverative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Dribbling Bola Basket Pada Siswa Kelas 11 SMA Negeri 1 Rengasdengklok
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3943Abstrak
Tujuan dari pembuatan skripsi ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan dribbling bola baskt di Sma Negeri 1 Rengasdengklok.Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini yaitu: pretest, treatment, dan posttest. Pretest dilakukan dikedua kelas untuk mengetahui kemampuan awal keterampilan bola basket sebelum mendapatkan treatment Setelah diberikan treatment, selanjutnya peneliti melakukan posttest dikedua kelas untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran jigsaw dikelas experiment.penelitimengolah menggunakan rumus nT-hitung dan dibadingkan dengan T-table dan signifikansi ( <0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran jigsaw memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keterampilan dribbling Kelas XI Sma Negeri 1 Rengasdengklok dengan hasil T-hitung sebesar 0.133 dan dibandingkan T-table 0.148 dengan signifikansi (<0.05) sebesar 0,00
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pujanto, A. (2015, juni 24). Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Jigsaw. Diambil kembali dari situs berita dan artikel pendidikan: http://www.infoduniapendidikan.com/2015/06/pegertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-jigsaw.html
Abdul Rohim. E. (2010) Olahraga Bola Basket Semarang: CV. Aneka Ilmu
Nuril Ahmad. (2007). Permainan Bola Basket. Surakarta : Era Intermedia.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-07-21 (4)
- 2020-10-13 (3)
- 2020-10-13 (2)
- 2020-09-17 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.