Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Renang di SMA Negeri 5 Karawang
Student Interest in Learning Swimming
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4849Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat olahraga renang siswa Kelas X SMA N 5 Karawang. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA N 5 Karawang dengan jumlah 210 siswa, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 210 siswa yaitu dengan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan datanya menggunakan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat sangat tinggi sebanyak 2 siswa atau 0,95%, 46,67% memiliki minat yang tinggi, 41,43% memiliki minat yang rendah, dan 10,95% memiliki minat yang sangat rendah. Kesimpulannya bahwa minat siswa terhadap olahraga renang pada dasarnya memiliki minat yang tinggi yaitu terbukti bahwa sebanyak 98 siswa atau 46,67%. Tingginya minat olahraga renang siswa dipengaruhi oleh motivasi Intrisik sebesar 58,54%, yang dan faktor motivasi ekstrinsik sebesar 52,49%. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada orang tua agar memberikan motivasi kepada anak serta memfasilitasi mereka untuk rajin mengikuti olahraga renang disekolah agar bisa mengembangkan bakat mereka.
Unduhan
Referensi
Abdul Narlan, et al. (2020). Permainan Tradisional Elengan Meningkatkan Kecepatan Underwater Renang Gaya Kupu-Kupu. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i1.3125
Agung Rizkiyansyah, B. M. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112–123. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jko-upi.v11i2.20311
Aprillia, et al. (2020). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 77–81. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923
Arhesa, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Directive Instruction Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Dada. Seminar Nasional Pendidika, 864–869. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/397/380
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Ilmiah. In Rineka cipta, Jakarta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Asep Wahabudin Rukmana, et al. (2021). Minat Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Bola Voli di SMPN 2 Majalaya. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 10–18. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4359
Bella Nugraha, et al. (2021). Minat Belajar Siswa Dalam Mempraktekkan Pembelajaran Penjas di Rumah Pada Masa Covid-19. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446
Dian Pujianto, et al. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 12. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.81
Fahrudin, et al. (2018). Pengaruh Penggunaan Modifikasi Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Jurnal SPEED, 1(2), 13–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1727
Gery, et al. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979
Idris Saepulloh, et al. (2021). Tingkat Minat Siswa SMP Dalam Pembelajaran Daring Bola Basket. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 54–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4395
Kevin, et al. (2020). Survei Pembelajaran Pendidikan Jasmani yang Menyenangkan bagi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 170–180. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1906
Mardi Maulana, et al. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 66–76. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3766
Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal Sportif, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.681
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian. Alfabeta.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.