Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Renang di SMA Negeri 5 Karawang

Student Interest in Learning Swimming

Penulis

  • Dimas Prasetyo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruslan Abdul Gani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bambang Ismaya Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4849

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat olahraga renang siswa Kelas X SMA N 5 Karawang. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA N 5 Karawang dengan jumlah 210 siswa, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 210 siswa yaitu dengan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan datanya menggunakan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat sangat tinggi sebanyak 2 siswa atau 0,95%, 46,67% memiliki minat yang tinggi, 41,43% memiliki minat yang rendah, dan 10,95% memiliki minat yang sangat rendah. Kesimpulannya bahwa minat siswa terhadap olahraga renang pada dasarnya memiliki minat yang tinggi yaitu terbukti bahwa sebanyak 98 siswa atau 46,67%. Tingginya minat olahraga renang siswa dipengaruhi oleh motivasi Intrisik sebesar 58,54%, yang dan faktor motivasi ekstrinsik sebesar 52,49%. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada orang tua agar memberikan motivasi kepada anak serta memfasilitasi mereka untuk rajin mengikuti olahraga renang disekolah agar bisa mengembangkan bakat mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Narlan, et al. (2020). Permainan Tradisional Elengan Meningkatkan Kecepatan Underwater Renang Gaya Kupu-Kupu. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i1.3125

Agung Rizkiyansyah, B. M. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112–123. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jko-upi.v11i2.20311

Aprillia, et al. (2020). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 77–81. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923

Arhesa, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Directive Instruction Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Dada. Seminar Nasional Pendidika, 864–869. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/397/380

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Ilmiah. In Rineka cipta, Jakarta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Asep Wahabudin Rukmana, et al. (2021). Minat Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Bola Voli di SMPN 2 Majalaya. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 10–18. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4359

Bella Nugraha, et al. (2021). Minat Belajar Siswa Dalam Mempraktekkan Pembelajaran Penjas di Rumah Pada Masa Covid-19. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446

Dian Pujianto, et al. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 12. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.81

Fahrudin, et al. (2018). Pengaruh Penggunaan Modifikasi Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Jurnal SPEED, 1(2), 13–20. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1727

Gery, et al. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979

Idris Saepulloh, et al. (2021). Tingkat Minat Siswa SMP Dalam Pembelajaran Daring Bola Basket. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 54–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4395

Kevin, et al. (2020). Survei Pembelajaran Pendidikan Jasmani yang Menyenangkan bagi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 170–180. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1906

Mardi Maulana, et al. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 66–76. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3766

Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal Sportif, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.681

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian. Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-08-06

Cara Mengutip

Prasetyo, D., Abdul Gani, R. ., & Ismaya, B. . (2021). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Renang di SMA Negeri 5 Karawang: Student Interest in Learning Swimming . Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 81–89. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4849