https://journal.unsika.ac.id/JLO/issue/feedJurnal Literasi Olahraga2024-01-29T15:59:40+07:00Ardawi Sumarnoardawi.sumarno@fkip.unsika.ac.idOpen Journal Systems<p align="justify"><strong>Jurnal Literasi Olahraga</strong> is a Scientific Journal Published By the Physical Education Study Program, Health and Recreation, Faculty of Teacher Training and Education, Singaperbangsa Karawang University With a Schedule of 4 Publications For 1 year.</p>https://journal.unsika.ac.id/JLO/article/view/11116Tingkat Kemampuan Keterampilan Senam Lantai Siswa Kelas X MA Nihayatul Amal2024-01-27T11:46:05+07:00Dini Priandinidinipriandini@gmail.comAstried Milla Cahayaastried.mc@gmail.comFirman Alamsyahfirman.a@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kemampuan keterampilan siswa Kelas X MA Aliyah Nihayatul Amal Purwasari terhadap pembelajaran senam lantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. penelitian survei adalah metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan data yang terjadi pada masa lampau. teknik pengumpulan data dengan pengamatan dan hasil penelitian cenderung untuk digeneralisasikan. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan data siswa di Kelas X MA Aliyah Nihayatul Amal Purwasari dalam mata pelajaran Senam Lantai pada pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Tindakan yang penulis lakukan adalah dengan mengambil data untuk melihat tingkat kemampuan keterampilan Siswa kelas X, MA Aliyah Nihayatul Amal Purwasari</p>2022-07-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Literasi Olahragahttps://journal.unsika.ac.id/JLO/article/view/11118Survey Tingkat Percaya Diri Pelajar Putri dalam Ekstrakurikuler Pencak Silat di SMK Se-Kabupaten Karawang (Study di SMKN 1 Karawang)2024-01-27T11:45:00+07:00Eka Apriyaniekaapriyani56@gmail.comAria Kusuma Yudaaria.kusumayuda@fkip.unsika.ac.idArdawi Sumarnoardawi.sumarno@fkip.unsika.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Seberapa besar tingkat percaya diri siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di SMK Negeri Se-Kabupaten Karawang (<em>study </em>di SMK Negeri 1 KARAWANG) berdasarkan faktor keyakinan akan kemampuan diri, optimis, bertanggung jawab, objektif dan rasional. Subjek dalam penelitian ini adalah pelajar putri yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan angket. Metode yang digunakan adalah survey, adapun teknik pengambilan data menggunakan angket, angket dalam penelitian ini berbentuk skala likert. Hasil penelitian tersebut diketahui kondisi tingkat kepercayaan diri peserta ekstrakurikuler pencak silat di Kabupaten Karawang yang dinyatakan dalam kategori sangat rendahdengan presentase 5%, dalam katagori rendah dengan presentase 30% , dalam katagori sedang dengan presentase 35% , dalam katagori tinggidengan presentase 18% ,dalam katagori sangat tinggi dengan presentase 13%.</p>2022-07-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Literasi Olahragahttps://journal.unsika.ac.id/JLO/article/view/11119Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa MA Ghoyatul Jihad Karawang2024-01-27T11:43:53+07:00Fakhri Fadhlurrahmanfakhrifadhlurrahman@gmail.comFebi Kurniawanfebi.kurniawan@fkip.unsika.ac.id<p>Coronavirus adalah sesuatu virus yang menular secara cepat membuat seluruh dunia mengalami krisis kesehatan. Serta covid-19 telah mengubah berbagai sektor kehidupan manusia pada saat ini, khususnya dalam dunia pendidikan. Dalam sektor pendidikan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Penjas merupakan salah satu pelajaran yang terdampak dari pembelajara daring walaupun pada dasarnya penjas dilakukan secara luring. Tujuan dari peneliti untuk mengetahui bagaimana dampak covid-19 terhadap pemelajaran penjas bagi siswa di satuan pendidikan MA Ghoyatul Jihad Karawang. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan subjek siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian diantaranya siswa dengan cara melakukan wawancara terhadap pelaksanaan pembelajaran penjas selama pandemi COVID-19. Hasil dari penelitian dampak selama pandemi covid 19 ini merubah pelaksanaan pembelajaran penjas MA Ghoyatul Jihad Karawang menjadi pembelajaran daring dan pelaksanaanya sudah berjalan dengan efektif sesuai tujuan.</p>2022-07-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Literasi Olahragahttps://journal.unsika.ac.id/JLO/article/view/11120Tingkat Pemahaman Materi Pendidikan Jasmani Kelas XI Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas2024-01-27T11:42:40+07:00Febianto Arif Saputrofebriantoarifputro@gmail.comFatih Prayogifatih.prayogi@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas 11 dalam materi pembelejaran Pendidikan Jasmani. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei (kuesioner) yang diberikan kepada siswa. Dari hasil analisis data penelitian yaitu tingkat pemahaman materi pendidikan jasmani kelas 11 terhadap pembelajaran tatap muka transisi menunjukan kurangnya pemahaman siswa yang didapat dalam materi pembelajaran, sehingga pembelajaran tatap muka transisi hingga saat ini tidak optimal. Maka dari itu dari pihak sekolah dan guru merevisi system pemebelajaran tatap muka transisi dan materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa.</p>2022-07-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Literasi Olahragahttps://journal.unsika.ac.id/JLO/article/view/11126Penggunaan Media Sosial Youtube dalam Motivasi Siswa Belajar Passing Permainan Sepakbola pada Masa Pandemi2024-01-29T15:15:45+07:00Nana Suryana Nasutionnana.suryananasution@unsika.acid<p>Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan media Sosial Youtube dapat memotivasi siswa dan menambah pengetahuan siswa tentang pemebelajaran passing permainan sepak bola. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif (non eksperiment) dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan Metode survei dengan teknik pengumpulan data dengan angket. Dari hasil penelitian tersebut diketahui Penggunaan Media Sosial Youtube dalam Memotivasi Siswa Belajar Passing Permainan Sepak Bola di Masa Pandemi, yang menyatakan kategori ”sangat Baik” dengan presentase 6,5%, kategori “Baik” dengan presentase 25,8%, kategori “Sedang” dengan presentase 35,5%, kategori “Kurang” dengan presentase 25,8%, dan kategori “Cukup Kurang” dengan presentase 6,5%. Jadi dapat disimpulkan Penggunaan Media Sosial Youtube dalam Memotivasi Siswa Belajar Passing Permainan Sepak Bola Di Masa Pandemi dalam kategori baik atau sedang.</p>2024-01-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Literasi Olahraga