Ekonomi Politik Media: Pemberitaan Pembangunan Taman Nasional Komodo (Tempo Dan Media Indonesia)

Authors

  • Siti Wulandari Universitas Paramadina Jakarta
  • Lingga Yonita Universitas Paramadina Jakarta
  • Afina Ruqayyah Universitas Paramadina Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v3i1.5284

Abstract

Dalam bukunya “Teori Komunikasi Massa,” Denis McQuail menyatakan kelahiran teknologi internet telah membawa spektrum media massa sebagai kekuatan baru komunikasi, yang membawa dampak integrasi maupun disintegrasi sosial serta pencerahan publik atas informasi yang diwartakan melalui medium media massa. Media massa tidak bisa terlepas dari penggunaannya sebagai media iklan, hiburan hingga propaganda ekonomi dan politik untuk mempengaruhi opini publik terhadap suatu isu. Isu pembangunan Taman Nasional Komodo (TNK) pada 2020 pun memiliki spektrum pemberitaan yang berbeda antara Tempo dan Media Indonesia. Tempo yang notabenenya merupakan media bergaya jurnalisme investigatif diprakarsai oleh tokoh berpandangan liberal, Goenawan Mohamad. Tempo menjadi media yang cenderung menarasikan isu pembangunan TNK dengan sentimen negatif. Sementara itu, Media Indonesia milik Surya Paloh memiliki kedekatan  dengan pemerintahan cenderung menarasikan pemberitaan tersebut dengan sentimen positif. Fenomena praktik ekonomi politik dalam pemberitaan kedua media massa tersebut turut menentukan gaya pemberitaan dan struktur teks dalam pengemasan pemberitaan pembangunan TNK. Perbedaan spektrum pemberitaan tersebut sejalan dengan kerangka acuan pembentukan teori tentang media dan masyarakat (Westley dan MacLean, 1957 dalam McQuails, 2010) yang menekankan adanya faktor-faktor penentu pemberitaan media yakni kontrol formal dan informal oleh institusi, motif institusi serta lembaga sosial lainnya dan adanya penggambaran realitas pada bias-bias tertentu sesuai ‘logika media’ masing-masing institusi.

Kata kunci: Media massa, Taman Nasional Komodo (TNK), Ekonomi Politik Media, Teori Pembentukan Media dan Masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-28

How to Cite

Wulandari, S., Yonita, L., & Ruqayyah, A. (2021). Ekonomi Politik Media: Pemberitaan Pembangunan Taman Nasional Komodo (Tempo Dan Media Indonesia). Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 3(1), 16–35. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v3i1.5284

Issue

Section

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal