Analisis Perbandingan Tiga Metode Peramalan Penjualan pada UMKM Adorable Project
DOI:
https://doi.org/10.35706/acc.v6i02.5270Abstract
Pengelolaan usaha akan lebih efektif apabila diiringi dengan pelaskanaan rencana yang terarah dan jelas terutama salah satunya perencanaan anggaran(budgeting). Penyusunan anggaran memegang peran penting dalam keberjalanan kegiatan harian perusahaan. Oleh karenanya, penyusunan anggaran yang tepat perlu dilakukan dalam sebuah perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan metode peramalan yang tepat dari tiga metode peramalan penjualan (metode parabola kuadrat, metode kuadrat terkecil dan metode parabola) studi pada Adorable Projects. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode parabola kuadrat yang tepat untuk menentukan peramalan penjualan seperti halnya tepat untuk diterapkan pada Adorable Projects dikarenakan memiliki nilai penyimpangan terkecil jika dibandingkan metode yang lainnya.