Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi

Authors

  • Asa Nadira Pramesti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.10006

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis berbagai macam kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik ketika mempelajari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini. Dengan jenis penelitian deskriptif, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peserta didik, orang tua dari peserta didik, dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi bahan pokok penelitian. Observasi, wawancara, dan pendokumentasian adalah semua jenis instrumen pengumpulan data. Temuan ini mengindikasikan banyaknya jenis tantangan belajar yang dialami peserta didik meliputi peserta didik mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, dan peserta didik lambat dalam memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Kemudian ada dua faktor yang menjadi penyebab peserta didik mengalami kesulitan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya berupa rendahnya intelegensi dan rendahnya minat peserta didik dalam belajar. Sedangkan Faktor eksternalnya berupa tidak adanya motivasi belajar dari keluarganya, guru yang menggunakan metode pembelajaran yang kurang efektif, dan peserta didik malas belajar karena adanya perkembangan teknologi seperti sering bermain game di handphone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Mulyono. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Abdurrahman Mulyono. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen: revisi taksonomi pendidikan bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro). New York: Pearson Addison-Wesley. (Buku asli diterbitkan tahun 2001)

Arifudin, Y. F., Rukajat, A., & Makbul, M. (2023). Implementation of Learning to Read and Write the Qur'an in Improving the Ability to Read the Qur'an in Madrasah Taklimiyah Awwaliyah Miftahul Huda Karawang Students. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1 Januari), 110-120.

Darmawan, D., & Makbul, M. (2022). Peran Walisongo Dalam Mengislamkan Tanah Jawa: Perkembangan Islam Di Tanah Jawa. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Djamaluddin dan Abdullah Aly. (1999). Kapita Selekta pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia.

Farida, N. A., & Makbul, M. (2023). Konsep Pendidikan Menurut Ibnu Miskawaih. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(1), 30-36.

Firdaus, F., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Management Classroom Management Through Islamic Religious Education Learning at SMK Al Hurriyah Karawang. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(2), 1062-1065.

Hakim, A. (2010). Hypnosis in Teaching: Cara Dahsyat Mendidik & Mengajar. Jakarta: Visimedia.

Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, I. (2023). Tadabur Al-Qur'an Sebagai Upaya Literasi Beragama di Era Digital. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 1-11.

Ibrahim, M. A. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi kognitif. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2).

Ilyas, Asmidar. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Remedial. Padang: UNP.

Karnia, N., & Nurhasan, N. (2023). Instrumen Penilaian Sikap Sosial untuk Siswa SMK. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 55-69.

Makbul, M., & Farida, N. A. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Teknik Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(1), 1-10.

Makbul, M., & Rukajat, A. (2023). The Influence of Reading Interest on Student Discussion Activeness in Learning Evaluation Techniques Courses in the Islamic Religious Education Study Program, Singaperbangsa University, Karawang. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(4), 598-611.

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1)

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mudini, dkk. (2016). Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Muhaimin. (2001) Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Muhaimin. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2)

Muhayati, S., Christiana, R., & Trisnani, R. P. (2015). Iman Kepada Allah dan Perhatian Orang Tua terhadap Budaya Nyontek Anak Usia Sekolah Dasar. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2).

Permatasari, T., & Ulya, N. (2022). Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Dinasti FATIMIYAH DI MESIR (909–1171 M). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Putri, J., & Ferianto, F. (2023). Kemajuan Peradaban Islam Di Era Society 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42-54.

Putri, S. A., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Upaya Orangtua dalam Menerapkan Perilaku Beragama Islam pada Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14762-14770.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Ratnasari, T., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Media Kartu Sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di TKQ Tamrinusshibyan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 270-275.

Regina, S., Rizana, S., & Saputra, A. A. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SD Negeri 157 Palembang. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 12-19.

Salirawati. (2002). Strategi Siswa dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Makalah disampaikan pada kegiatan orientasi siswa baru SLTP N 15 Yogyakarta, tanggal 17 Juli 2002. Tidak diterbitkan.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Media Publishing.

Suryabrata. (1986). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Suryana, N. (2018). Problematika Slow Learner. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1)

Syafi'i, A. S. I., Akmal, A., & Bulan, S. (2023). Pemahaman dan Praktik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs As’ adiyah Uloe. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 20-30.

Tarjiah, I. (2021). Lambat Belajar (Slow Learner). Yogyakarta: K-Media.

TB. Aat Syafaat , Dkk., (2008). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). Jakarta: PT Rajagrafindo.

Widiharto, R. (2008). Diagnosis kesulitan belajar matematika SMP dan alternatif proses remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Wikrama, M. F., & Ferianto, F. (2022). Meneladani Kisah Seorang Muadzin Pertama, Bilal Bin Rabbah. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Zaki, A. A., & Munafiah, N. U. (2022). Psikologi Perkembangan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Zakiah Daradjat, Dkk,. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15–23. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.10006