Peran Guru Mata Pelajaran PAI dalam Pelaksanaan Kurikulum MBKM di SMKN 1 Gantar Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i1.11163Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Gantar Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai metodologi utama untuk mengungkapkan peran guru PAI dalam pelaksanaan kurikulum MBKM, melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunujukan bahwa peran guru PAI aktif terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasika nilai-nilai agama islam dangan kompetensi MBKM. Selain itu, guru PAI berperan sebagai pembimbing dan pemantau perkmbangan siswa, memberikan arahan terkait aspek keagamaan dan moral. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktidi pendidikan, guru PAI dan pihak sekolah untuk memahami dan meningkatkan peran mereka dalam mencapai tujuan kurikulum merdeka di SMKN 1 Gantar Indramayu.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.