Kedudukan dan Peranan Kurikulum sebagai Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI)
DOI:
https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.11731Abstract
Proses metodis pendidikan bertujuan untuk memaksimalkan potensi setiap orang di semua front, mencakup domain kognitif, emosional, dan psikomotor. Orang dapat terlibat dalam masyarakat secara efektif dengan memperoleh keterampilan, pengetahuan, nilai-nilai, dan sikap yang diberikan oleh pendidikan. Selain pengaturan resmi seperti sekolah dan perguruan tinggi, pendidikan juga terjadi dalam pengaturan informal dan non-formal seperti keluarga dan komunitas. Kurikulum sangat penting bagi sistem pendidikan karena berfungsi sebagai roadmap untuk menciptakan dan melakukan proses pembelajaran. Kurikulum terdiri dari sejumlah elemen, seperti topik, strategi instruksional, dan evaluasi, yang membantu siswa memenuhi tujuan belajar mereka. Penciptaan kurikulum harus mempertimbangkan standar pendidikan nasional dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan siswa, masyarakat, dan tenaga kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan posisi kurikulum dalam pendidikan agama Islam. Penelitian pustaka digunakan sebagai metode penelitian, yang melibatkan pengumpulan data dari buku, kertas, dan sumber lainnya. Hasil peneitian ini yaitu kurikulum tidak hanya merupakan dokumen rencana; itu juga menunjukkan tujuan dan visi pendidikan negara. Kurikulum membantu generasi muda menuju masa depan yang lebih baik yang diwarnai oleh pemahaman yang lebih baik, keterampilan yang lebih berkembang, dan sikap yang lebih inklusif karena menjadi alat yang dinamis dan responsif.
Downloads
References
Achmad, G. H. (2021, Desember). Kedudukan Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, I. doi:246-261
Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. doi:978-602-8497-64-0
Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. (Z. F, Penyunt.) Januari: IAIN ANTASARI PRESS. doi:978-979-3377-68-1
Miswar Saputra, N. Z. (2021). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Vol. I). (D. Rusniawati, Penyunt.) Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. doi:978-623-97860-0-7
Muhammad. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Desember: Sanabil. doi:978-623-7090-93-9
Ramedlon, W. (2022). Konsep dan Kedudukan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Madrasah dalam UU Sisdiknas 2003. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. doi:2746-2773
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.