Peran Teknologi Informasi Dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara

Authors

  • astuti aprianti STAI SANGATA

DOI:

https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.11878

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran teknologi informasi dalam implementasi kurikulum PAI di SMA Negeri 1 Sangata Utara. Dalam penelitian menggunakan metode kualitatif dalam metode ini menggunakan dengan cara hasil wawancara dan tanya jawab observasi langsung dengan informan kepala sekolah dan guru PAI untuk mengetahui peran teknologi informasi  dalam implementasi kurikulum pai di SMA Negeri  1 Sangata Utara, yang kedua apa sajakah teknologi informasi dalam implementasi kurikulum pai di SMA Negeri 1 Sangata Utara. Kurikulum merupakan desain pembelajaran siswa dalam pembelajaran  Teknologi informasi penggunaan sumber belajar seperti video Pendidikan,simulasi interaktif dan sumber daya online lainnya untuk memperkaya pengalaman belajar pemahaman mendalam tentang konsep-konsep islam. Teknologi informasi dalam implementasi di SMA Negeri 1 Sangata Utara telah mengaplikasikan pembelajaran menggunakan teknologi contohnya teknologi yang digunakan penggunaan powerpoint dan penggunaan aplikasi canva.Peranan teknologi informasi dalam pelaksaan program pai meliputi teknologi informasi sebagai alat penunjang pelaksaan Pendidikan agama islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwas, O. M. A. O. M. (2013). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik, 493–504.

Arikarani, Y. (2024). Adaptasi Teknologi Dan Media Pembelajaran Melalui Canva Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 6(2), 111–127.

Burhani, A. Z. (n.d.). Implementasi Kurikulum PAI Berbasis Pedagogis.

Darimi, I. (2017). Information And Communication Technologies Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Era Teknologi Informasi. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111–121.

Daulay, D. (2019). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Al-Azhar Medan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1–19.

Djazilan, M. S., & Hariani, M. (2022). Implementation of E-Learning-Based Islamic Religious Education. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 14–21.

Harun, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 175–190.

Harun, I., & Fauzan, M. (2019). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran oleh guru pendidikan agama islam. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 88–99.

Hasriadi, H. (2022). Model Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Konsepsi, 11(1), 85–97.

Hazizah, E. (2019). Peran Pengawas dalam Implementasi Kurikulum 13 Mata Pelajaran PAI (Studi Pada Pengawas guru PAI SMK Kab. Rejang Lebong). Al-Bahtsu, 4(1).

Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Kwartolo, Y. (2010). Teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 15–43.

Maulida, N., Hidayah, L. I., Retnowaty, R., & Indriawati, P. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (IT) DAN PERAN TIM PENGEMBANG KURIKULUM (TPK) DALAM RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS. Kompetensi, 14(2), 157–163.

Muin, A., Fakhrudin, A., Makruf, A. D., & Gandi, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.

Mukminin, A., Arif, H. M., Munirah, M. P., Putro, A. N. S., Rizki, M. Y., Kumanireng, L. B., Rian Novita, S. E., Kusuma, J. W., Janah, M., & Pdi, M. (2023). Konsep Dasar Teknologi Pendidikan. Cendikia Mulia Mandiri.

Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan agama islam. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 19(1), 75–86.

PALEWA, M. D. A. (2022). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN ICT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MAARIF NU PANDAAN. In UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG (Vol. 85, Issue 1).

Putri, S. K. N. A., Sulistia, I., & Jumiatin, I. (2024). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3), 656–667.

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132.

Ramadhan, H., Deriwanto, D., & Harmi, H. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Journal TA’LIMUNA, 12(2), 89–105.

Subhan, A. (2019). Teknologi Informasi Dan Pendidikan Islam. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–12.

Sulistiyo, U. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. PT Salim Media Indonesia.

Susanti, A. I. (2021). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Penerbit NEM.

Syahrijar, I., Supriadi, U., & Fakhruddin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Melalui Pembelajaran Berbasis Digital (Studi Eksploratif di SMA Negeri 15 dan SMA Alfa Centauri Kota Bandung). Journal on Education, 5(4), 13766–13782. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2389

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178.

Tawaqal, R. S., & Meltareza, R. (2022). Teknologi Perubahan Terhadap Kehidupan Beragama. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(1), 207–216.

Tirta Yogi Aulia dan Nur Eka. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SWASTA YAPIM SEI GELUGUR. Jurnal Makrifat, 5(1).

Tutuk, N. (2015). Implementasi pendidikan karakter.

Uluwiyah, T., Kholis, N., & Iskarim, M. (2024). Analisis Penggunaan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru PAI & BP dalam Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 8(1), 659–666.

Utama, D. P. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Sman 1 Bengkulu Tengah. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(2), 251–258.

Verawati, E. (2020). IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMPN 9 DEPOK. Jurnal At-Tabayyun, 33–63.

Yumarni, A. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 112–126.Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

aprianti, astuti. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 2(2), 21–33. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.11878