Model Manajemen Satuan Pendidikan Kerja sama
DOI:
https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.12244Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model satuan pendidikan kerja sama di Celebes Global School (CGS). Studi berfokus pada analisis integrasi kurikulum nasional dan internasional, kerja sama dengan institusi pendidikan luar negeri, Pengelolaan Tenaga pendidik serta keunggulan dan tantang yang dihadapi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak sekolah dan dianalisis untuk memahami kerangka operasional, tantangan yang dihadapi, serta keunggulan yang diperoleh melalui penerapan sistem pendidikan internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebes Global School (CGS) memadukan kurikulum nasional dan internasional melalui program-program seperti Online Business School (OBS) dengan Amerika Serikat dan Intercultural Learning and Language Development Program (IL2DP) dengan Australia. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan pendanaan dan kesulitan mempertahankan tenaga pendidik internasional, CGS tetap berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggunakan teknologi yang memadai dan pelatihan berkala bagi tenaga pengajar. Keunggulan utama CGS terletak pada kemitraan internasional dan program pendidikan berbasis global yang meningkatkan kompetensi siswa dalam keterampilan bahasa, budaya, dan teknologi.
Downloads
References
Al-Husen, P. L. A., Hafizhah, S. H., Rizqiyah, S. I. R., Makbul, M. M., & Farida, N. A. F. (2024). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Menggunakan Metode Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran PAI. Al-Mau'izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 634-643.
Farida, N. A., Makbul, M., Nabilah, N. L. M., Tubagus, T., & Nurbaiti, D. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas 4 SDN Karawang Wetan. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(4), 14-20.
Fathani, F. Z., SU, H., & Sutopo, A. (2020). Strategi Penjaminan Mutu Pembelajaran Melalui Kemitraan Sister School antara SD Islamic International School PSM Magetan dengan Madrasah Irsyad Zuhri Al-Islamiah Singapura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Febrian, M. R., Syahrudin, N. D., Lokahita, I., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Dengan Menggunakan Metode Cooperative (Teams, Games, Turnament) di SMPN 1 Karawang Barat. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 3(3), 71-78.
Hamid, H. H., & Mulyati, Y. (2020). Pengembangan Model Bahan Ajar International Baccalaureate (IB) Unit Intertekstualitas Untuk Program Diploma Sekolah Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK). Seminar Internasional Riksa Bahasa, 332–340. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1365
Kartiwa, R., & Izzati, H. (2020). Penerapan Konsep Aristektur Neo Modern pada Bandung International School di Kota Baru Parahyangan. Jurnal Arsitektur Archicentre, 3(1), 39–50.
Lestari, A., Fajriyah, D. N., Hamasah, H. S., Makbul, M., & Farida, N. A. (2024). Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik pada Siswa Kelas V di SDN Sukaharja 1 Melalui Teknik Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament). Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.444
Lestari, H., Nisa, K., Sukarman, M. R. R., Farida, N. A., & Makbul, M. M. M. (2024). Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI Melalui Metode Jigsaw di Kelas X SMK Bina Patriot. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 3(3), 61-70.
Malasari, H. N., Agustin, N., Cahyadi, M. L., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pai Dengan Menggunakan Metode Role Playing di Kelas X SMAN 1 Telukjambe. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 3(3), 88-95.
Naura, N. I., Lina, L. F. R. J., Maharani, M. A. S., Aini, N. A. F., & Makbul, M. M. (2024). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Terhadap Materi PAI Di Kelas VD. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 126-135.
Noor, I. H. (2011). Evaluasi Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(2), 254-268.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.).
Salinan UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).
Salsabilla, T., Ramli, R., Nivacindera, S. E., Makbul, M., & Farida, N. A. (2024). Upaya Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Di MI Raudhotul Jannah. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 9(1), 54-63.
Shidqiyah, S. (2014). IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL DALAM SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 2(1), 97-116.
Sirait, J. (2018). Penerapan Sekolah Bertaraf Internasional di Indonesia. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/272
Syah, M. A., Bariyah, O., & Makbul, M. (2024). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Memajukan Lembaga Pendidikan Islam: Kajian Kurikulum Pendidikan Madrasah
Widodo, W., Noor, I. H., Listiawati, N., Hariyanti, E., Wijayanti, K., & Soroeida, T. (2018). Penyelenggaraan dan pengelolaan satuan pendidikan kerja sama. Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud. https://repositori.kemdikbud.go.id/16290/
Widyastono, H. (2010). Pengembangan Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 265-274.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.