Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Sistem Boarding School

Authors

  • ahlun ansar Universitas Negeri Makassar
  • arismunandar Universitas Negeri Makassar
  • Marliani Dwi Rati Universitas Negeri Makassar
  • Dinar Afriani Universitas Negeri Makassar
  • Ikramawati Amiruddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.12247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembentukan karakter peserta didik melalui sistem boarding school di SMP UNISMUH Makassar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan ditentukan melalui teknik purposive sampling dan snowball sampling untuk mendapatkan informasi yang relevan dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem boarding school di SMP UNISMUH, yang didukung oleh penerapan nilai-nilai agama dan disiplin, memainkan peran signifikan dalam pembentukan karakter religius, tanggung jawab, dan kemandirian siswa. Kegiatan harian seperti tadarus Al-Quran, salat berjamaah, serta pembinaan dari musrif dan musrifa berperan penting dalam memperkuat karakter siswa. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler yang beragam mendukung perkembangan sosial, kepemimpinan, dan kreativitas siswa. Hubungan erat antara sekolah, orang tua, dan pembimbing asrama juga berkontribusi pada keberhasilan pembentukan karakter. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem boarding school di SMP UNISMUH tidak hanya membentuk kecerdasan akademis, tetapi juga memperkuat karakter siswa melalui integrasi nilai-nilai agama dan disiplin yang ketat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247.

Chairunnisa, C., Rahmadhani, D. D., Astuti, N. R. W., & Nafisah, S. (2023). Pengembangan Karakter Dan Keterampilan Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SDN 244 Guruminda Dan SD Plus Al-Ghifari. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 118-130.

Fauzi, A., & Khoiriyah, S. M. (2018). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu-Ahad) Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 295-306.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 40-52.

Julia, Putry, Dan Ati Ati. 2019. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Dan Kejujuran Siswa.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 3(2):112–22

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1).

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2).

Mansur Muslich (2011), Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), h. 87.

Rudiyanto, M., & Kasanova, R. (2023). Pembentukan Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Karakter. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 233-247.

Setiadi, S. C., & Indrawadi, J. (2020). Pelaksanaan Program Boarding school dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA 3 Painan. Journal of Civic Education, 3(1), 83-91.

Suriadi, Harri Jumarto, Firman Firman, Dan Riska Ahmad. 2021. “Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan3(1):165–73. Doi: 10.31004/Edukatif.V3i1.251.

Suyitno, M., Rukhmana, T., Nurmiati, A. S., Romadhon, F., Irawan, I., & Mokodenseho, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Journal on Education, 6(1), 3588-3600

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

ansar, ahlun, arismunandar, arismunandar, Dwi Rati, M. ., Afriani, D., & Amiruddin, I. (2024). Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Sistem Boarding School. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 2(2), 34–39. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i2.12247