Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs As’adiyah Uloe
DOI:
https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9965Abstract
MTs As’adiyah Uloe telah mengikuti serangkaian kegiatan menuju penerapan Kurikulum Merdeka Belajar yaitu pelatihan Kurikulum Merdeka di Tanjung Pallette pada 25 sampai 26 Oktober 2022. Kegiatan ini khusus dilaksanakan untuk MTs As’adiyah Uloe. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis kesiapan guru dalam menghadapi kurikulum Merdeka di MTs As’adiyah Uloe. Penelitian merupakan penelitian studi kasus (kualitatif). Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode penelitian yang diguanakan dalam riset ini. Adapun prosedur pengumpulan datanya yakni data dikumpulkan, direduksi, ditarik kesimpulan, dan diuji menggunakan teriangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hanya sebagian kecil guru telah merancang perangkat pembelajaran seperti CP, TP, ATP, dan modul ajar. Namun belum rampung. 2) Guru belum siap dan belum menyiapkan modul projek pembelajaran. 3) Untuk semua mapel yang diajarkan di kelas VII, fasilitas berupa bahan ajar (buku) telah disediakan oleh madrasah. Adapun fasilitas tambahan berupa ebook dan bahan ajar lainnya, telah dimiliki dan disiapkan masing-masing guru mapel. 4) Hanya sebagian guru yang merencanakan pembelajaran berdeferensiasi. 5) Hanya sebagian kecil guru yang melakukan asesmen, baik itu diagnostik kognitif maupun diagnostik non kognitif.
Downloads
References
Arifudin, Y. F., Rukajat, A., & Makbul, M. (2023). Implementation of Learning to Read and Write the Qur'an in Improving the Ability to Read the Qur'an in Madrasah Taklimiyah Awwaliyah Miftahul Huda Karawang Students. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1 Januari), 110-120.
Fahril, F., Nurbiah, N., & Syafi’i, A. S. (2023). Implementation of the Problem-Based Learning’s Model Help Alef Education. An-Nahdlah: Journal of Islamic Studies, 1(1), 54–70.
Farida, N. A., & Makbul, M. (2023). Konsep Pendidikan Menurut Ibnu Miskawaih. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(1), 30-36.
Firdaus, F., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Management Classroom Management Through Islamic Religious Education Learning at SMK Al Hurriyah Karawang. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(2), 1062-1065.
Hermawan, I. (2023). Tadabur Al-Qur'an Sebagai Upaya Literasi Beragama di Era Digital. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 1-11.
Karnia, N., & Nurhasan, N. (2023). Instrumen Penilaian Sikap Sosial untuk Siswa SMK. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 55-69.
Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). ANALISIS KESIAPAN GURU SMP DI DEMAK DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. JCI: Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683–2692.
Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2, 1(2), 271–279. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.169
Makbul, M., & Farida, N. A. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Teknik Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(1), 1-10.
Makbul, M., & Rukajat, A. (2023). The Influence of Reading Interest on Student Discussion Activeness in Learning Evaluation Techniques Courses in the Islamic Religious Education Study Program, Singaperbangsa University, Karawang. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(4), 598-611.
Mardani, D., Susiawati, I., & Sab’rina Fathimah, N. (2023). KURIKULUM MERDEKA DALAM DEMOKRATISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3310
Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180
Muqarramah, L., Usmaidar, & Ramayani, N. (2023). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di MTsS Madinatul Ilmi Kecamatan Brandan Barat. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 4(2), 41–49.
Nurbiah, Syafi’i, A., & Fahril. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alef Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Tema Himpunan di MTs As’adiyah Uloe. Educandum, 9(1), 126–134.
Permatasari, T., & Ulya, N. (2022). Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Dinasti FATIMIYAH DI MESIR (909–1171 M). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).
Putri, C. A. D., Rindayati, E., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Putri, J., & Ferianto, F. (2023). KEMAJUAN PERADABAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42–54. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9241
Putri, J., & Ferianto, F. (2023). Kemajuan Peradaban Islam Di Era Society 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42-54.
Putri, S. A., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Upaya Orangtua dalam Menerapkan Perilaku Beragama Islam pada Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14762-14770.
Ratnasari, T., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Media Kartu Sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di TKQ Tamrinusshibyan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 270-275.
Regina, S., Rizana, S., & Saputra, A. A. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SD Negeri 157 Palembang. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 12-19.
Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Kencana.
Syafi'i, A. S. I., Akmal, A., & Bulan, S. (2023). Pemahaman dan Praktik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs As’ adiyah Uloe. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 20-30.
Thohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2(1), 1–2. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY
Wikrama, M. F., & Ferianto, F. (2022). Meneladani Kisah Seorang Muadzin Pertama, Bilal Bin Rabbah. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).
Zaki, A. A., & Munafiah, N. U. (2022). Psikologi Perkembangan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).