Analisis Perencanaan Persediaan Suku Cadang dengan Metode ABC dan Metode Min-Max di Bagian Fields Service Engineer PT. Merck Chemicals and Life Science
DOI:
https://doi.org/10.35261/barometer.v6i1.4480Abstrak
Keberhasilan suatu perusahaan dicerminkan oleh kemampuan manajemen untuk memanfaatkan peluang secara optimal sehingga dapat menghasilkan penjualan dan laba sesuai dengan yang diharapkan. PT. Merck Chemicals and Life Science terdiri dari beberapa departemen yang saling terkait dan secara terpadu berusaha mewujudkan tujuan perusahaan. Terutama untuk perbaikan penggantian suku cadang, sangat dibutuhkan perencanaan suku cadang, agar pelanggan tidak harus menunggu dan pekerjaan terhenti karena stok suku cadang habis, dan juga tidak kelebihan stok yang menyebabkan kelebihan dalam pemesanan.
Dengan begitu, penelitian ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah persediaan suku cadang yang dihadapi PT. MCLS. Pada penelitian ini, pengendalian persediaan suku cadang akan menggunakan metode ABC, yang mana akan membagi suku cadang yang ada kedalam 3 kelompok berdasarkan nilai jual tertinggi diantara suku cadang yang lain dan tingkat kebutuhannya.
Hasil dari penelitian ini menunjukan perencanaan persediaan suku cadang di PT. Merck Chemicals and Life Science sangat diperlukan, mengingat belum adanya perencanaan persediaan suku cadang di perusahaan. Dari hasil pengklasifikasian ABC pada hasil penjualan suku cadang, PT. MCLS dapat memprioritaskan untuk memesan suku cadang kelompok A dikarenakan kelompok suku cadang A bernilai 56% dari seluruh penjualan suku cadang dengan menjual 33% dari total permintaan suku cadang yang ada pada periode Juli 2018 hingga Maret 2020.
Unduhan
Referensi
Adisaputro, G., Manajemen Pemasaran (Analisis Untuk Perancangan. Strategi Pemasaran), UPP STIM YKPN, Yogyakarta, 2014.
Gaspersz, V., Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemeritah, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.
Jay, H., & Barry, R., Operations Management. Salemba Empat, Jakarta, 2005.
Lalu, S., Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Salemba Empat, Jakarta, 2003.
Lupiyoadi. 2014, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta, 2014.
Mursid, M., Manajemen Pemasaran, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 1993.
Nafarin, Penganggaran Perusahaan, Edisi Pertama., Salemba Empat, Jakarta, 2000.
Nasution, Hakim, A., & Prasetyawan, Y., Perencanaan Pengendalian Produksi, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2008.
Oktiana, Analisis Permintaan Energi Listrik Pada Rumah Tangga Di Kota Bandar Lampung, Unila, Lampung, 2011.
Pearce, J., & Robinson, R, Manajemen Stategis, Salemba Empat, Jakarta, 1997.
Subagyo, P., & Djarwanto, P., Statistik Induktif, BPFE, Yogyakarta 2000.
Sudarsono, Pengantar Ekonomi Perusahaan, PT. Gramedia, Jakarta, 1992
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods), Alfabeta, Bandung, 2015.
Sumarni, M, Manajemen Pemasaran Bank, Edisi Revisi, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 2002.
Tjiptono Ph.D, F, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Andy Yogyakarta, Yogyakarta, 2000.
Wahyu, Analisis Permintaan Riil Energi Listrik Di Jawa Tengah dan Di. Yogyakarta, Diponegoro Journal of Economics: Volume 2, Nomor 1, Tahun 2013, pp. 1-9.
Zhitao, X., Wenyan, S., Qin, Z., X.G, M., & Lina, H, Product Service Demand Forecasting In Hierarchical Service Structure, The 9th CIRP IPSS Conference Circular Perspectives on Product/Service-Systems, Procedia CIRP 64, Tahun 2017, pp. 145 – 150.