Upaya Peningkatan Rasa Ingin Tahu Siswa Tentang Penelitian Melalui Kegiatan Mini Research di Bidang Pertanian
DOI:
https://doi.org/10.35706/budiman.v1i01.8931Abstract
Budaya meneliti bagi siswa di tingkat sekolah menengah atas masih sangat rendah. Di sisi lain kegiatan penelitian mampu mendorong siswa untuk dapat menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu hal yang membatasi perkembangan budaya meneliti di tingkat sekolah menengah atas adalah terkait dengan rendahnya rasa ingin tahu siswa tentang kegiatan penelitian. Rasa ingin tahu merupakan salah satu karakter penting yang harus dimiliki oleh seorang peserta didik untuk dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang terjadi. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa terkait penelitian melalui kegiatan mini research pertanian. Kegiatan ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kebumen dalam waktu satu bulan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan persiapan, pelatihan, hingga kegiatan pendampingan serta pelaporan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Imade Yoga Prasada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Budiman: Pembangunan dan Pengabdian Masyarakat Nusantara agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).