Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning bagi Siswa MTs Salafiyah Seblak Jombang
DOI:
https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.10237Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning bagi siswa kelas VIII MTs Salafiyah Syafi''iyah Seblak Jombang. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan jenis true experimental design dan desain yang digunakan adalah posttest only control design, yakni eksperimen yang menempatkan subyek penelitian ke dalam dua kelas yang dibedakan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi mencakup keseluruhan siswa kelas VIII MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang dengan sampel penelitian kelas VIII D yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dengan teknik tes dan non tes yang kemudian akan diuji hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian uji-T menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa (mean) pada kelas eskperimen adalah sebesar 84,12, sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 74, 38. Selain itu, hasil uji-t juga menyatakan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05, dan diperoleh nilai t-hitung (2,974) > t-tabel (1,688). Maka dengan ini dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima
Downloads
References
Ali, M., & Ansori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bumi Aksara.
Amir HM. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Al-Qur’an: Suatu Kajian dari Surat Al-Ghasiyyah ayat 17-20. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(2), 1040–1046.
Creswell, J. W. (2015). Qualitative Inquiry and Research Design: Chosing Among Five Approaches. Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364
Duch. (1995). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Fahrudin. (2022). Komponen Pembelajaran dalam Perspektif Pendidikan Islam. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 1(2), 115–130. https://jurnalannur.ac.id/index.php/QuranicEdu/article/view/140/159
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Glazer. (2001). Problem Based Instruction, Emerging Perspectives on Learning, Teaching and Technology. Www://Coe.Uga.Edu/Epltt/ProblemBasedLearning.Htm.
Idrus. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.
Khotimah, H., & Suci, D. N. (2022). Special Competence for Preschool Teacher in 5.0 Era. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 129–138.
Lusiyana, L., Pardede, A., & Apriani, H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Tata Nama Senyawa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Kota Banjarbaru. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(2), 15–21. https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2383
Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Saintifik, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105
Purwanto, W., W, T. D. R. W., & Hariyono. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(9), 1700–1705.
Rahayu, R., & Sulaiman. (2022). Pengaruh Strategi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 551–563. http://annuha.ppj.unp.ac.id
Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulatri, V., Patang, P., & Dorangke, F. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 8(2), 165. https://doi.org/10.26858/jptp.v8i2.28835
Suryadana, B. A., Suprihati, T., & Astutik, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation ( GI ) disertai Media Kartu Masalah pada Pembelajaran Fisika di SMA Suryadana. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 268–271.
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2, 43–52.
Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230–239. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.36088
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366