Penerapan Nilai-Nilai Religius Santri Melalui Program Tahfidz Menginap di Rumah Qur’an Ridhotullah Sangatta
DOI:
https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10464Abstract
Dunia pendidikan saat ini, khususnya pendidikan Al-Qur’an memiliki banyak tantangan. Hal tersebut terlihat dari obsesi berlebihan anak terhadap gadget yang membuat karakter religius mereka seakan terkikis oleh kecanggihan zaman yang ditandai dengan kemajuan informasi dan teknologi yang begitu pesat. Oleh karena itu, penting untuk diketahui bahwa menanamkan nilai-nilai religius sejak dini pada anak merupakan hal yang sangat penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif dengan mengumpulkan data melalui proses wawancara tidak terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan nilai-nilai religius melalui program “Tahfidz Menginap” guna membentuk karakter santri di Rumah Qur’an Ridhotullah Sangatta menjadi lebih baik. Hasilnya, ada beberapa poin nilai religius yang diajarkan, diterapkan, dan diinternalisasikan pada santri, yaitu kejujuran, kedisiplinan, kesabaran, tanggung jawab, dan kebersihan. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai religius merupakan hal yang sangat krusial untuk diajarkan kepada anak agar mereka dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter.
Downloads
References
A’yunin, Q., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Moral melalui Pembelajaran Kitab Al-Akhlāq li Al-Banīn. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 37–55. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/21683.
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Afriana, S., & Hidayat, N. (2022). Internalisasi Nilai Keagamaan dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(2), 1914–1921. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2246.
Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2021). Karakter Religius: Sebuah Tantangan dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Pasuruan: Qiara Media.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Cahyati, N. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Dosen PAUD. Jakarta: STKIP Muhammadiyah.
Devi, H. (2018). Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Buana, 2(5), 496–506. http://geografi.ppj.unp.ac.id/index.php/student/article/view/98/71.
Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Haddade, H., & Damis, R. (2022). Wawasan Al-Qur’an Tentang Kesehatan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 293–304. https://journal.stitmupaciran.ac.id/ojs/index.php/ojs/article/view/166.
Hardiansah, Y. H. (2023). Pelaksanaan Program Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Religius pada Anak. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3635–3643. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2528/1794
Hartati, Y. (2021). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(3), 335–342. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/69.
Junaidi, M. (2023). Pendidikan Anak-Anak Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 87–99. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/4012
Kementerian Agama RI. (2019). Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran.
Khairi, Samsukdin, & Hairoh. (2023). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. IJRC: Indonesian Journal of Religion Center, 1(1), 23–33. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJRC/article/view/33
Kurniawan, M. A., Ysh, A. Y. S., & Artharina, F. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDN Jambean 01 Pati. Dwijaloka: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 197–204. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/1174
Kurniawan, N., & Rohmat, R. (2021). Profil Nabi Muhammad SAW dan Nilai-Nilai Pendidikannya. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 1(2), 104–110. https://ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/26.
Laka, L., Kholifah, N., Fitria, Y., & Astrella, N. B. (2023). Kesehatan Mental Masyarakat. Sengkang: Echa Institute.
Miswar, A. (2017). Sabar dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Al-Hikmah, 19(2), 88–110. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/4139
Mufidah, D., Sutono, A., Purnamasari, I., & Sulianto, J. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islami dan Penguatan Pendidikan Karakter. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
Mulazamah, S., Aziz, Y. M., & Taufikurrifan, A. (2022). Sabar ala Rasulullah dan Implementasinya dalam Kehidupan Sehari-Hari. Al-Bayan: Journal of Hadith Studies, 1(1), 51–61. https://ejournal.iaikhozin.ac.id/ojs/index.php/al-bayan/article/view/62.
Munir, M. (2019). Konsep Sabar Menurut Al-Ghazali dalam Kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din. Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam Dan Tasawuf, 5(2), 113–133. http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/spiritualis/article/view/64
Musbikin, I. (2021a). Pendidikan Karakter Disiplin. Bandung: Nusamedia.
Musbikin, I. (2021b). Penguatan Karakter Kemandirian, Tanggung Jawab, dan Cinta Tanah Air. Bandung: Nusamedia.
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing.
Ningsih, T. (2021). Pendidikan Karakter (Teori dan Praktik). Banyumas: Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Rahmadayani, P., Badarussyamsi, & El-Widdah, M. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Peningkatan Karakter Religius Siswa. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(2), 214–238. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i2.149
Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif untuk Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 137–273. http://repository.unikastpaulus.ac.id/122/
Salabi, A. S. (2021). Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Halimi: Journal of Education, 2(1), 69–92. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/halimi/article/view/4947.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2106/1857.
Setiana, & Robith, A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/882
Sudarjat, J., & Ramadhini, H. N. (2022). Peran Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Siswa. Didaktika Aulia, 2(2), 28–38. https://jurnal.staiaulia.ac.id/index.php/DIDAKTIKA/article/view/72.
Sugiyah, M. P. (2023). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Suryani, I., & Sakban, W. (2022). Aplikasi Akhlak Manusia Terhadap Dirinya, Allah SWT, dan Rasulullah SAW. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 97–104. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2832.
Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter: Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.
Umro, J. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Makrifat, 3(2), 150–166. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/makrifat/article/view/3213
Wathoni, L. M. N. (2020). Akhlak Tasawuf Menyelami Kesucian Diri. Lombok: Forum Pemuda Aswaja.
Yumnah, S. (2019). Pendidikan Karakter Jujur dalam Prespektif Al-Qur’an. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(1), 27–38. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3349
Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 78–90. https://ejournal.iaiqi.ac.id/index.php/taujih/article/view/93.