Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran ISMUBA di SMK Muhammadiyah Somagede
DOI:
https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10482Abstract
Kurikulum diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah proses pendidikan. Hal itu selaras dengan kasus Pandemi silam yang memberikan pilihan sekolah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. SMK Muhammadiyah Somagede merupakan sekolah dengan pusat keunggulan, termasuk di dalamnya dalam hal pembelajaran ISMUBA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan berbagai problematika penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam mata Pelajaran berbasis keagamaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling, data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah SMK Muhammadiyah Somagede menggunakan mata pelajaran ISMUBA sebagai ganti mata Pelajaran PAI yang terdapat dalam kurikulum Merdeka. Beberapa problematika yang muncul dalam penerapan kurikulum tersebut dapat dilihat dari faktor subjeknya, seperti pendidik dan berbagai administrasi kurikulum. Sedangkan dari factor objeknya, terdapat peserta didik, lingkungan Masyarakat, dan background keluarga.
Downloads
References
Arikunto, S. (2014). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Putra.
Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.
Berlian, U. C., Solekhah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Firdaus, F. (2023). Pelatihan Muballigh Dakwah Di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sokaraja. Literasi, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.61813/jlppm.v2i1.22
Firdaus, F., & Hermawan, H. (2021). Manajemen Kurikulum Berbasis Pesantren Di SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo. TAMADDUN, 22(2), 113–120. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i2.3610
Firdaus, H. (2023). Manajemen Kesiswaan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanglewas Purbalingga. JIESS, 2(2), 8–14.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345.
Muhdi, A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Jurnal Kependidikan, 10(2), 287–300.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462.
Nashir, A., & Pratama, S. (2022). Peran Guru ISMUBA dalam Pembinaan Akhlak pada Elemen Profil Pelajar Pancasila Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 80–90.
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118