Bimbingan dan Konseling Tidak Seram Layaknya Penjara (Studi di SMPN 1 Karawang Barat)

Authors

  • Joenitasya Herawati Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kinanti Laras Prastyani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Reza Febrian Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Naira Dwiyanti Syahrudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10693

Abstract

Bimbingan konseling (BK) adalah bagian penting dalam pendidikan yang bertujuan membantu perkembangan individu. Individu yang berkembang dengan baik akan menghasilkan generasi bangsa cerdas dan berkualitas. Peran bimbingan dan konseling di sekolah sangat penting dalam membantu siswa mencapai potensi penuh mereka dan menghadapi tantangan kehidupan. Peran dan keberadaan bimbingan konseling memang cukup penting di sekolah, akan tetapi nyatanya seringkali ditemukan kualitas dan efektivitas pelayanan bimbingan konseling yang belum optimal di beberapa sekolah. Oleh karena itu, penulis ingin mengkaji lebih dalam terkait seberapa optimal pelayanan dan efektivitas program yang sudah dijalankan oleh BK melalui perspektif guru dan siswanya secara langsung terkhusus di SMP Negeri 1 Karawang Barat. Penulis tertarik untuk mengambil judul "BK tidak seram layaknya penjara" dikarenakan untuk membuktikan bahwa bimbingan dan konseling bisa menjadi teman dan wadah aspirasi siswa yang tidak seram seperti di penjara. Penulis berharap dengan mengangkat judul ini, maka ketakutan-ketakutan terhadap BK akan menghilang dengan sendirinya. Artikel yang penulis buat bersifat deskriptif, maka penulis menggunakan metode yang cocok yaitu metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data pada artikel yang dibuat penulis kali ini adalah menggunakan teknik observasi langsung dan wawancara dalam pengumpulan data riset. Hasilnya, penulis dapat mengetahui efektivitas pelayanan Bimbingan Konseling di SMPN 1 Karawang Barat dan memberikan saran serta ide baru terkait permasalahan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ALmallialningsih, H. (2021). Falktor Pendukung Daln Penghalmbalt Dallalm Penyelenggalralaln Progralm Bimbingaln Daln Konseling Di Sekolalh Menengalh Kejurualn. Jurnall Bimbingaln Daln Konseling Teralpaln.

ALrif, M. &. (2013). Ilmu Pendidikaln Islalm. Sultaln ALmaly Press.

ALtiekal, W. AL. &. (2019). Identifikalsi Galyal Belaljalr Ditinjalu Dalri Kecenderungaln Balkalt Khusus Paldal Malhalsiswal Progralm Studi Bimbingaln Daln Konseling Universitals Muhalmmaldiyalh Metro. Indonesial Journall of Educaltionall Counseling. 3(1). ijec.ejournall.id/index.php/counseling/alrticle/downloald/52/43

ALzzet, AL. M. (2011). Bimbingaln daln Konseling di Sekolalh (Cetalkaln 1). ALR-RUZZ MEDIAL.

daln ALralniri, AL. (2021). Peraln Guru Pendidikaln ALgalmal Islalm Sebalgali Konselor Dallalm Meningkaltkaln Minalt Belaljalr Siswal. ALl-Malu’izhoh.

Hermalwaln. (2012). Bimbingaln Belaljalr Daln Remidiall ALkaldemik. UNS Press.

Laltipun. (2003). Psikologi Konseling Edisi Ketigal. Mallalng UPT Penerbitaln Universitals Muhalmmaldiyalh.

Lubis, N. (2013). Memalhalmi Dalsalr-dalsalr Konseling dallalm Teori daln Pralktik. Kencalnal.

Nalzori, Lialn, B., & Mulyaldi. (2021). Islalmic Educaltion Tealcher Malnalgement in Implementing Guidalnce alnd Counseling Progralms in Developing Student ALttitude. Proceedings of the Internaltionall Conference on Educaltion Universitals PGRI Pallembalng (INCoEPP 2021), 565(INCoEPP), 1225–1229. https://doi.org/10.2991/alssehr.k.210716.243

Newmaln. (2013). Metodologi penelitialn sosiall: pendekaltaln kuallitaltif daln kualntitaltif.

Pralyitno, AL. daln E. (2004). Dalsalr-dalsalr BK. Rinekal Ciptal.

Salri, E. R. (2013). Resistor Falctor Implementaltion Guidalnce alnd Counseling Progralm in High School of The Metro city. Journall of Chemicall Informaltion alnd Modeling, 53(9), 1689–1699. http://jurnall.fkip.unilal.alc.id/index.php/ALLIB/alrticle/viewFile/2876/1851

Walhidalh, N. I., Malhmudi, M., Faljalrialnto, O., Faljalryalnti, D., & Halnalfi, H. (2019). Cooperaltion between Tealcher Guidalnce alnd Counseling with Islalmic Religious Educaltion Tealcher to Provide Service Guidalnce Counseling. 306, 107–111. https://doi.org/10.2991/isseh-18.2019.26

Winkel, W. . (2013). Bimbingaln Daln Konseling Di Institusi Pendidikaln (AL. Islalmical (ed.)). Medial ALbaldi.

Wulalndalri, D. (2011). Studi Tentalng Kuallitals Pelalksalnalaln Lalyalnaln Bimbingaln daln Konseling, Falktor Pendukung daln Penghalmbalt Sertal ALlternaltif Pengaltalsalnnyal paldal Sekolalh Menengalh Pertalmal di Kecalmaltaln Baltuwalrno Kalbupalten Wonogiri Talhun Pelaljalraln 2009/2010.

Yohalnes. (2016). Efektivitals Implementalsi Pendidikaln Kalralkter Berbalsis Lalyalnaln Bimbingaln Klalsikall Kolalboraltif dengaln Pendekaltaln Experimentall Lealrning untuk Meningkaltkaln Kalralkter Belal Ralsal (Compalssion).

Yusuf, N. (2011). Lalndalsaln Bimbingaln daln Konseling. Balndung: PT Remaljal Rosdalkalryal. Remaljal Rosdalkalryal.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Herawati Putri , J. ., Laras Prastyani, K. ., Reza Febrian, M. ., Dwiyanti Syahrudin, N. ., & Aini Farida, N. (2024). Bimbingan dan Konseling Tidak Seram Layaknya Penjara (Studi di SMPN 1 Karawang Barat). HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(2). https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10693