Pengaruh Pembelajaran Berbasis Aplikasi Telegram terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Sejarah Pendidikan Islam di SMAN 1 Cikampek Karawang
DOI:
https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10822Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni pembelajaran berbasis aplikasi telegram dan minat belajar peserta didik sehingga dengan demikian tujuan penelitian ini untuk menguraikan gambaran hasil pembelajaran berbasis aplikais telegram,minat belajar peserta didik, serta pengaruh keduanya dalam hubungan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik SMAN 1 CIKAMPEK, dan sampelnya ialah peserta didik kelas XI. Metode penelitian ini yang digunakan dalam riset ini yakni penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, metode ini dipilih untuk mengidentifikasi hbungan antara pembelajaran berbasis aplikasi telegram dan minat belajar peserta didik. Data terkait pengalaman pembelajaran berbasis aplikasi telegram dan minat belajar peserta didik dikumpulkan dengan menggunakan intrumen kuesioner, yang disusun dengan menggunakan skala likert, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis Aplikasi Telegram peserta didik 43% pada kategori rendah, 52% pada kategori sedang, 5% pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata Pemebelajaran Berbaisis Aplikasi Telegram peserta didik SMAN 1 CIKAMPEK berada pada kategori sedang. Minat belajar peserta didik 63% pada kategori rendah, 5% pada kategori sedang, 32 % pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa rerata Minata Belajar peserta didik SMAN 1 CIKAMPEK berada pada kategori rendah. Berdasarkan output SPSS pada tabel Coefficientsa diketahui nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada Pengaruh pembelajaran berbasis aplikasi telegram (X)terhadap minat belajar peserta didik (Y). Dari hasil analisis diketahui nilai R Square=0.317, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran berbasis aplikasi telegram (X) terhadap minat belajar peserta didik (Y) sebesar 31,7% sedangkan 63,1% Minat Belajar dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi variabel dari penelitian ini.
Keywords: Pembelajaran Berbasis Aplikasi Telegram, Minat Belajar, Peserta didik, Sejarah Pendidikan Islam.
Downloads
References
Arifudin, Y. F., Rukajat, A., & Makbul, M. (2023). Implementation of Learning to Read and Write the Qur'an in Improving the Ability to Read the Qur'an in Madrasah Taklimiyah Awwaliyah Miftahul Huda Karawang Students. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1 Januari), 110-120.
Azwar, Saifuddin, Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Firdaus, F., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Management Classroom Management Through Islamic Religious Education Learning at SMK Al Hurriyah Karawang. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 2(2), 1062-1065.
Hartini, S., Susilowati, E., & Misbah, M. (2019, May). Media pembelajaran fisika SMA berbasis e-learning di Kabupaten Tanah Laut sebagai upaya melatihkan literasi digital. In Pro Sejahtera (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat) (Vol. 1, No. 1).
Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59.
Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2022). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 3, No. 1)
Makbul, M., & Farida, N. A. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Teknik Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(1), 1-10.
Makbul, M., & Rukajat, A. (2023). The Influence of Reading Interest on Student Discussion Activeness in Learning Evaluation Techniques Courses in the Islamic Religious Education Study Program, Singaperbangsa University, Karawang. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(4), 598-611.
Makbul, M., & Rukajat, A. (2023). The Influence of Reading Interest on Student Discussion Activeness in Learning Evaluation Techniques Courses in the Islamic Religious Education Study Program, Singaperbangsa University, Karawang. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(4), 598-611.
Makbul, M., Ismail, I., Ismail, W., & Ahmad, L. O. I. (2021). The Effect of Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Learning Outcomes of Islamic Religion and Characteristics of Students at SMA Negeri 5 Makassar. International Journal of Social Science And Human Research, 4(4), 588-595.
Mania, Sitti, Metodologi Peneltian Pedidikan dan Sosial, Cet. I, Makassar: Alauddin Unversity Press. 2013.
Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Membangun Generasi Emas 2045. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1377.
Mathar, Muh Quraisy, Metode Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu Perpustakaan, Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2021, May). Gerakan literasi digital bermuatan karakter dalamenyongsong pendidikan abad 21 era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp. 67-78).
Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15-23.
Putri, S. A., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Upaya Orangtua dalam Menerapkan Perilaku Beragama Islam pada Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14762-14770.
Ratnasari, T., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Media Kartu Sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di TKQ Tamrinusshibyan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 270-275.
Rukajat, A., & Makbul, M. (2022). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Pohon Hitung. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1386-1397.
Rukajat, A., & Makbul, M. (2022). The Role Of Parents In Improving The Creativity Of Early Childhood Through Traditional West Java Games (Case Study In Ra Al-Khoeriyah, Banyuresmi, Garut). Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 110-117.
Rukajat, A., & Makbul, M. (2022). Upaya Tenaga Pendidik Dalam Mempersiapkan Pembelajaran Profesional Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Al-Furqaan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 241-251.
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200-1214.
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Cet. V; Bandung : Alfabeta, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2009.
Suharyati, H., & Patras, Y. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Tenaga Pengajar Paud Dalam Upaya Pemberdayaan Melalui Keterampilan Literasi Digital Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Difusi, 2(2), 11-17.
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42-72.
Yusuf, A Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana, 2014.