Implementasi Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Tunanetra di Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam

Authors

  • Imamudin Hanif Universitas Ahmad Dahlan
  • Suprinanto Suprinanto Universitas Ahmad Dahlan
  • Difa Ul Husna Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10867

Abstract

Pendidikan inklusi telah disesuaikan dengan kemampuan anak ABK khususnya anak yang mengalami kekurangan pada indera penglihatannya atau tunanetra. Tunanetra adalah salah satu jenis berkebutuhan khusus yang memiliki kelainan dalam indera penglihatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran inklusi bagi anak tunanetra di Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam yang difokuskan pada: 1) kurikulum yang digunakan dan tata cara pelaksaan pembelajaran inklusi 2) Cara guru dalam memberikan pelajaran inklusi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitin menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum yang ada di Yaketunis ini menggunakan kurikulum merdeka dengan mengacu pada capaian pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan standar sekolah ABK. Guru harus berusaha untuk meningkatkan kualitas siswa. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk memberikan pembelajaran yang dirancang dengan menggunakan metode mereka sendiri di kelas, seperti menyesuaikan kondisi siswa dan mengatur tempat duduk secara melingkar dan mengelompok. Dapat dusimpulkan bahwa lembaga Yaketunis ini tidak menggunakan guru pendamping khusus dan semua guru disama ratakan. Lembaga ini termasuk lembaga yang unggul karena memiliki metode yang khusus untuk memahami materi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elizabeth Novi Dwi Astuti (2019) Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Tunanetra Di MAN 2 Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktika. 8 (11). PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN | Astuti | WIDIA ORTODIDAKTIKA (uny.ac.id).

Febriyan Dwi Putra (2022) Pelaksanaan Pendampingan Dalam Proses Pembelajaran Siswa Tunenetra di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan Luar Biasa. 7 (2). https://jurnal.untitrta.ac.id/index.php/UNIK

I Ketut Widiada, Sudirman Darmiany, Ide Kade Gunayasa, Muhammad Syazali (2021) Implementasi Model Pembelajaran Inklusi bagi Peserta Didik Learning Disability di Sekolah Dasar Negeri Kota Mataram. Jurnal Kependidikan. 7 (4). https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index

Iwan Kurniawan (2015) Implementasi Pendidikan Bagi Siswa Tunanetra Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Islam. 4 (8). http://.dx.doi.org/10.30868/ei.v4i08.77.

Jamilah Candra Pratiwi (2015) Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus:Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Jurnal Bereputasi. https://media.neliti.com/media/publications/172228-ID-sekolah-inklusi-untuk-anak-berkebutuhan.pdf

Nila Ainu Ningrum (2022) Strategi Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Journal of Humanites and social sciences. 3 (2). https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/IJHSS

Tiara Yulia Putri, Khairatul Zahra & Kharisma Hakim (2023) Implementasi Pendidikan Inklusi Terhadap Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di MAN 2 Kota Payakumbuh. 1 (6). https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i6.454

Zanuar Prastiwi & Muhammad Abduh (2023) Implementasi Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia. 6 (2) https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5235.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Hanif, I. ., Suprinanto, S., & Ul Husna, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Tunanetra di Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(2). https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10867