Penerapan Pengelolaan Kelas pada Mata Pelajaran PAI di Kelas SMP Negeri 1 Karawang Timur

Authors

  • Nia Karnia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mohamad Fazar Ramadhan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Rizal Arif Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Putri khoerunnisa Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.11488

Abstract

Pengelolaan kelas adalah kegiatan-kegiatan yang diupayakan oleh seorang guru untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal. Pada hari Jum'at, tanggal 26 April 2024 kami melakukan penelitin yang berjudul Penerapan Pengelolaan kelas pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 1 Karawang Timur. Metode penelitian kami adalah kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan teori dan terjun langsung ke lapangan. Guru yang menjadi objek kami bernama Bu Yuningsih S.Pd.I yang mengajar di kelas 8 i. Hasil penelitian nya yaitu: (1.) Perencanaan guru dalam mengelola kelas. (2.) Implementasi saat pengelolaan kelas, (3.) Hal yang pengelolaan kelas, (4.) Suasana kelas saat guru mengajar, (5.) Hambatan dalam mendisiplinkan kelas, (6.) Hasil pengelolaan kelas dari segi Afektif, Kognitif, Psikomotorik. Pada kesimpulannya, pengelolaan kelas harus dilaksanakan agar terwujudnya pembelajaran yang efektif dan efisien.

Kata kunci: Guru, kelas, kondusif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abelia, J., Astuti, W., Rijalallah, R., Makbul, M., & Farida, N. A. (2024). Implementasi Metode Amtsal dalam Meningkatkan Antusiasme Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Ibadah; Umroh di MI Al-Mujahidin Telagasari. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 317-324.

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Afrina, A., Aminah, S., & Hadi, S. (2023). Pengaruh Pendidikan Aqidah Akhlak Terhadap Kepribadian Siswa Kelas V Di MIS Mathlail Khoir, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(1), 108-116.

Al-Ghazali, Imam Abu Hamid. "Al-Adab al-Mufrad." Translated by Nasiruddin al-Khattab. Darussalam, 2013.

Al-Qaradawi, Yusuf. "Parent-Child Relations: A Guide to Raising Children." International Islamic Publishing House, 2002.

Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

Aulia, A. (2023). Konsep Keberkahan Pengasuhan Anak dalam Perspektif Islam. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 45-52.

Destiawati, N. D., Noviana, S., Mirawati, M., & Juhji, J. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV melalui Strategi Belajar Kooperatif Index Card Match. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 5(1), 66-79.

Ghazali, Abu Hamid al-. "Ihya Ulum al-Din (The Revival of Religious Sciences)." Translated by T.J. Winter. Islamic Texts Society, 1997.

Hanif, I., Suprinanto, S., & Husna, D. U. (2023). Implementasi Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Tunanetra di Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2).

Husni, M. (2018). Memahami konsep pemikiran mind map tony buzan (1970) dalam realitas kehidupan belajar anak. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 3(1), 110-126.

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30-37.

Meilana, Y. (2016). Upaya Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital pada Siswa SMK N 3 Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW).

Monika, O., Amelia, R., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Hafalan Surat Pendek Peserta Didik Kelas VII Melalui Pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Al-Mau'izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 765-773.

Muhammad, Abdul Hai. "Parenting in Islam." Ta-Ha Publishers Ltd, 2003.

Murniyetti, M., Rahman, R., & Muliati, I. (2023). Respon Guru terhadap Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di Kota Padang). HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2).

Nursifa, A., Oktaviani, M. N., Mubarok, M. F., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Literasi Siswa Terhadap Pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Cikarang Utara dengan Menggunakan Metode Jigsaw. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 3(3), 21-29.

Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15-23.

Putri, S. A., Maemunah, S., Nurhasanah, S., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Smk Pratama Mulya Dengan Metode Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. HIBRUL ULAMA, 6(1), 104-110.

Ramadhani, C. M., Munawar, D. L., Kinasih, E. A. S., Handayani, F. A., Makbul, M., & Farida, N. A. (2024). Penerapan Metode Student Team Achievment Division (STAD) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas 3 di SDN Telukjambe II. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 300-316.

Sagita, S. W., Farida, N. A., & Makbul, M. sss(2024). Meningkatkan Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Pai Dengan Metode Numbered Heads Together Di Sd Negeri Suka Rukun 01. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 95-100.

Setyarini, D. (2018). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar, 6(2), 30-44.

Sosiowati, L., Faqihah, H., Haq, M. N. Z., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Penggunan Metode Kooperatif Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Karawang Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 357-365.

Suradi, A. (2017). Globalisasi dan respon Pendidikan Agama Islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 247-266.

Syach, M. A., Bariyah, O., & Makbul, M. (2024). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Memajukan Lembaga Pendidikan Islam: Kajian Kurikulum Pendidikan Madrasah dan Pesantren. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 11(2), 182-191.

Syafi’i, A. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs As’ adiyah Uloe. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 9-14.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Karnia, N., Fazar Ramadhan, M. ., Rizal Arif, M. ., & khoerunnisa, P. (2024). Penerapan Pengelolaan Kelas pada Mata Pelajaran PAI di Kelas SMP Negeri 1 Karawang Timur. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 5(1), 41–52. https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.11488