Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek di SDIT Sirojuttaqwa

Authors

  • Sabrina Tegar Prihandini Sabrina Tegar Prihandini Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.11534

Abstract

Salah satu model yang memiliki potensi untuk melatih proses berpikir kreatif yaitu model pembelajaran Project based learning. Metode pengajaran inovatif seperti pembelajaran berbasis proyek telah mendapat perhatian karena potensinya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas di kalangan siswa. Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas PBL dalam meningkatkan keterlibatan siswa, hasil belajar, dan pengalaman pendidikan secara keseluruhan di SDIT Sirojuttaqwa. Metode observasinya melibatkan pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Model Pembelajaran berbasis proyek di SDIT Sirojuttaqwa dengan fokus pada peningkatan keterampilan kolaborasi antara siswa dan guru. Serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasinya di SDIT Sirojuttaqwa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abelia, J., Astuti, W., Rijalallah, R., Makbul, M., & Farida, N. A. (2024). Implementasi Metode Amtsal dalam Meningkatkan Antusiasme Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Ibadah; Umroh di MI Al-Mujahidin Telagasari. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 317-324.

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Afrina, A., Aminah, S., & Hadi, S. (2023). Pengaruh Pendidikan Aqidah Akhlak Terhadap Kepribadian Siswa Kelas V Di MIS Mathlail Khoir, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(1), 108-116.

Al-Ghazali, Imam Abu Hamid. "Al-Adab al-Mufrad." Translated by Nasiruddin al-Khattab. Darussalam, 2013.

Al-Qaradawi, Yusuf. "Parent-Child Relations: A Guide to Raising Children." International Islamic Publishing House, 2002.

Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

Aulia, A. (2023). Konsep Keberkahan Pengasuhan Anak dalam Perspektif Islam. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 45-52.

Blumenfeld, P., Soloway, E., Marx, R., Krajcik, J., Guzdial, M., & Palincsar, A. 2009. Motivating project-based learning: Sustaining the doing, supporting the learning. Educational Psychologist, 26: 369-398 .

Destiawati, N. D., Noviana, S., Mirawati, M., & Juhji, J. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV melalui Strategi Belajar Kooperatif Index Card Match. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 5(1), 66-79.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghazali, Abu Hamid al-. "Ihya Ulum al-Din (The Revival of Religious Sciences)." Translated by T.J. Winter. Islamic Texts Society, 1997.

Hanif, I., Suprinanto, S., & Husna, D. U. (2023). Implementasi Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Tunanetra di Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2).

Hanifah, R., & Farida, N. A. (2023). Peran keluarga dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(1), 23-33.

Haris, A., & Khoirunnisa, N. (2023). Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2).

Husni, M. (2018). Memahami konsep pemikiran mind map tony buzan (1970) dalam realitas kehidupan belajar anak. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 3(1), 110-126.

Kemendikbud.2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Meilana, Y. (2016). Upaya Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital pada Siswa SMK N 3 Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW).

Monika, O., Amelia, R., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Hafalan Surat Pendek Peserta Didik Kelas VII Melalui Pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Al-Mau'izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 765-773.

Muhammad, Abdul Hai. "Parenting in Islam." Ta-Ha Publishers Ltd, 2003.

Murniyetti, M., Rahman, R., & Muliati, I. (2023). Respon Guru terhadap Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di Kota Padang). HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2).

Nursifa, A., Oktaviani, M. N., Mubarok, M. F., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Literasi Siswa Terhadap Pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Cikarang Utara dengan Menggunakan Metode Jigsaw. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 3(3), 21-29.

Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15-23.

Putri, S. A., Maemunah, S., Nurhasanah, S., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Smk Pratama Mulya Dengan Metode Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. HIBRUL ULAMA, 6(1), 104-110.

Ramadhani, C. M., Munawar, D. L., Kinasih, E. A. S., Handayani, F. A., Makbul, M., & Farida, N. A. (2024). Penerapan Metode Student Team Achievment Division (STAD) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas 3 di SDN Telukjambe II. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 300-316.

Sagita, S. W., Farida, N. A., & Makbul, M. sss(2024). Meningkatkan Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Pai Dengan Metode Numbered Heads Together Di Sd Negeri Suka Rukun 01. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 95-100.

Siddiqi, Muhammad Zubayr. "Parent-Child Relationship in Islam." Islamic Book Trust, 1999.

Sosiowati, L., Faqihah, H., Haq, M. N. Z., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Penggunan Metode Kooperatif Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Karawang Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 357-365.

-118.

Suradi, A. (2017). Globalisasi dan respon Pendidikan Agama Islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 247-266.

Syach, M. A., Bariyah, O., & Makbul, M. (2024). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Memajukan Lembaga Pendidikan Islam: Kajian Kurikulum Pendidikan Madrasah dan Pesantren. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 11(2), 182-191.

Syafi’i, A. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs As’ adiyah Uloe. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 9-14.

Tirmidhi, Muhammad ibn 'Isa. "Jami` at-Tirmidhi." Darussalam, 2007.

Trimahmudi, T. (2024). Pengembangan Metode Pembelajaran Interaktif dalam Kurikulum PAI. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1319-1333.

W. Wartomo. “Peran guru dalam pembelajaran era digital”. Prosiding temu ilmiah nasional guru (TING) VIII. 265-275, 2016.

Wena. M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Sabrina Tegar Prihandini, S. T. P. (2024). Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek di SDIT Sirojuttaqwa. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 5(1), 18–26. https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.11534