Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak dalam Perspektif Hadist Psikologi

Authors

  • Khoirunnisa Putriana Istiqomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.11857

Abstract

Karakter anak merupakan hasil interaksi kompleks antara faktor internal dan eksternal, termasuk pola pengasuhan yang diberikan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pola asuh orang tua dan pembentukan karakter anak, dengan fokus pada perspektif Hadist dalam Islam. Metode penelitian ini melibatkan studi literatur terhadap Hadist yang relevan dengan pola asuh anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hadist memberikan pedoman yang jelas tentang pola asuh yang ideal, termasuk pengajaran kasih sayang, pendidikan agama, dan pembentukan akhlak yang baik.
Implikasi dari pola asuh orang tua sesuai dengan ajaran Hadist berpotensi memberikan landasan yang kuat bagi pembentukan karakter anak yang berintegritas dan bertanggung jawab. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat pemahaman tentang pentingnya peran orang tua dalam membentuk karakter anak sesuai dengan ajaran agama, serta memberikan panduan praktis bagi orang tua dalam mengimplementasikan pola asuh yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abelia, J., Astuti, W., Rijalallah, R., Makbul, M., & Farida, N. A. (2024). Implementasi Metode Amtsal dalam Meningkatkan Antusiasme Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Ibadah; Umroh di MI Al-Mujahidin Telagasari. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 317-324.

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Abu Dawood, Sulaiman ibn al-Ash'ath. "Sunan Abi Dawood." Darussalam, 2008.

Afrina, A., Aminah, S., & Hadi, S. (2023). Pengaruh Pendidikan Aqidah Akhlak Terhadap Kepribadian Siswa Kelas V Di MIS Mathlail Khoir, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(1), 108-116.

Al-Bukhari, Muhammad ibn Ismail. "Sahih al-Bukhari." Darussalam, 1997.

Al-Ghazali, Imam Abu Hamid. "Al-Adab al-Mufrad." Translated by Nasiruddin al-Khattab. Darussalam, 2013.

Al-Qaradawi, Yusuf. "Parent-Child Relations: A Guide to Raising Children." International Islamic Publishing House, 2002.

Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

Aulia, A. (2023). Konsep Keberkahan Pengasuhan Anak dalam Perspektif Islam. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 45-52.

Destiawati, N. D., Noviana, S., Mirawati, M., & Juhji, J. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV melalui Strategi Belajar Kooperatif Index Card Match. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 5(1), 66-79.

Ghazali, Abu Hamid al-. "Ihya Ulum al-Din (The Revival of Religious Sciences)." Translated by T.J. Winter. Islamic Texts Society, 1997.

Hanif, I., Suprinanto, S., & Husna, D. U. (2023). Implementasi Pembelajaran Inklusi Bagi Anak Tunanetra di Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2).

Hanifah, R., & Farida, N. A. (2023). Peran keluarga dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(1), 23-33.

Haris, A., & Khoirunnisa, N. (2023). Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2).

Husni, M. (2018). Memahami konsep pemikiran mind map tony buzan (1970) dalam realitas kehidupan belajar anak. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 3(1), 110-126.

Ibn Majah, Muhammad ibn Yazid. "Sunan Ibn Majah." Darussalam, 2007.

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30-37.

Meilana, Y. (2016). Upaya Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital pada Siswa SMK N 3 Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW).

Monika, O., Amelia, R., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Hafalan Surat Pendek Peserta Didik Kelas VII Melalui Pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Al-Mau'izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 765-773.

Muhammad, Abdul Hai. "Parenting in Islam." Ta-Ha Publishers Ltd, 2003.

Murniyetti, M., Rahman, R., & Muliati, I. (2023). Respon Guru terhadap Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Kasus di Kota Padang). HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2).

Muslim, Imam. "Sahih Muslim." Darussalam, 2007.

Nursifa, A., Oktaviani, M. N., Mubarok, M. F., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Literasi Siswa Terhadap Pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Cikarang Utara dengan Menggunakan Metode Jigsaw. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 3(3), 21-29.

Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15-23.

Putri, S. A., Maemunah, S., Nurhasanah, S., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Smk Pratama Mulya Dengan Metode Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. HIBRUL ULAMA, 6(1), 104-110.

Ramadhani, C. M., Munawar, D. L., Kinasih, E. A. S., Handayani, F. A., Makbul, M., & Farida, N. A. (2024). Penerapan Metode Student Team Achievment Division (STAD) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas 3 di SDN Telukjambe II. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 300-316.

Sagita, S. W., Farida, N. A., & Makbul, M. sss(2024). Meningkatkan Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Pai Dengan Metode Numbered Heads Together Di Sd Negeri Suka Rukun 01. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 95-100.

Setyarini, D. (2018). Metode pembelajaran mind map untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar, 6(2), 30-44.

Siddiqi, Muhammad Zubayr. "Parent-Child Relationship in Islam." Islamic Book Trust, 1999.

Sosiowati, L., Faqihah, H., Haq, M. N. Z., Farida, N. A., & Makbul, M. (2024). Penggunan Metode Kooperatif Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Karawang Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 357-365.

Suradi, A. (2017). Globalisasi dan respon Pendidikan Agama Islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 247-266.

Syach, M. A., Bariyah, O., & Makbul, M. (2024). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Memajukan Lembaga Pendidikan Islam: Kajian Kurikulum Pendidikan Madrasah dan Pesantren. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 11(2), 182-191.

Syafi’i, A. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs As’ adiyah Uloe. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 9-14.

Tirmidhi, Muhammad ibn 'Isa. "Jami` at-Tirmidhi." Darussalam, 2007.

Trimahmudi, T. (2024). Pengembangan Metode Pembelajaran Interaktif dalam Kurikulum PAI. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1319-1333.

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Istiqomah, K. P. (2024). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak dalam Perspektif Hadist Psikologi. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 5(1), 11–17. https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.11857