MANAJEMEN PONDOK PESANTREN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN MULTIDIMENSI ALFAKHRIYAH PUTRI

Authors

  • Andi Ratu Ayuashari Anwar Universitas Negeri Makassar
  • Ahlun Ansar Universitas Negeri Makassar
  • Wulan Shabila Universitas Negeri Makassar
  • Vebi Balilallo Universitas Negeri Makassar
  • Nanang Hermawan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.12738

Abstract

Pondok pesantren berperan penting dalam membentuk karakter santri melalui pendidikan berbasis nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen dan implementasi program pendidikan karakter di Pondok Pesantren Multidimensi Alfakhriyah Putri dalam membentuk karakter santri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren menerapkan manajemen berbasis nilai yang mengintegrasikan pendidikan karakter dengan dimulai pada penguatan visi dan misi berbasis nilai ke islaman, program tahfidz, kegiatan ibadah, dan penguatan disiplin harian. Selain itu, pendekatan multidimensi seperti aspek a piritual, sosial, dan akademik yang dinilai efektif dalam membentuk karakter santri yang religius, disiplin, dan bertanggung jawab. Penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik manajemen  di Pondok Pesantren Multidimensi Alfakhriyah terbukti berhasil dalam membentuk karakterisitik santri dalam membangun karakter santri yang unggul dan berakhlak mulia.

Downloads

References

Anam, Choirul dan Suharningsih.(2014). Model Pembinaan Disiplin Santri (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Fiqhi Kabupaten Lamongan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan.2 (2)

Ansar, A. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 2 Bone. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 187-197.

Ansar, A., & Makbul, M. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen di SMA Negeri 17 Makassar. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 13-21.

Ansar, A., Makbul, M., & Al Farizi, M. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Di SMP Negeri 1 Mare. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 22-35.

Arfah, M., & Wantini, W. (2023). Perundungan di Pesantren: Fenomena Sosial pada Pendidikan Islam:(Studi Pada Pesantren Ulul Albab Tarakan). Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(2), 234-252.

Hadisi, L., Musthan, Z., Gazali, R., Herman, H., & Zur, S. (2022). Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin Kabupaten Konawe Selatan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01

Hidayatullah, M. Furqon.(2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa.(Surakarta: Yunna Pressindo.

Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas program tahfidz Al-Quran dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 47-54.

Ismail, SM dkk (ed). (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nasution, N. A. (2020). Lembaga Pendidikan Islam Pesantren. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 36-52.

Nikmah, U., & Widodo, S. (2021). Implementasi Visi Dan Misi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 1 Jekulo Kudus. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR).

Sucipto, S. (2012). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Study Al-Quran Hadits di Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah Mojogeneng Mojokerto. http://digilib.uinsby.ac.id/17594/

Syarifudin, A., Yetri, Y., & Thahir, A. (2023). Manajemen Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Kemandirian Entrepreneur Santri Pondok Pesantren Salafiyah Baitul Kirom Lampung Selatan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 18-28.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Anwar, A. R. ayuashari, Ansar, A., Shabila, W. ., Balilallo, V. ., & Hermawan, N. (2024). MANAJEMEN PONDOK PESANTREN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN MULTIDIMENSI ALFAKHRIYAH PUTRI. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 5(1), 53–57. https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.12738