E-Learning Berbasis Virtual classroom di Era Covid-19

Iwan Hermawan

Authors

  • Admin Hawari

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v1i1.3929

Abstract

Pandemi COVID-19 ini telah membuka mata publik khususnya pendidikan tinggi untuk bekerja keras, berpikir kreatif dan adaptif dengan mengubah model kegiatan belajar mengajar yang semula berbasis konvensional menjadi pembelajaran berbasis e-learning. Pandemi COVID-19 ini adalah momentum bagi dunia pendidikan untuk membuat terobosan baru, keluar dari paradigma normatif dunia nyata ke dunia maya dengan memanfaatkan teknologi dalam setiap kegiatan proses belajar mengajar (KBM) dan pelayanan non-akademik lainnya. E-learning berbasis virtual classroom menjadi alternatif pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran yang menggantikan pembelajaran konvensional di kelas. Hampir semua kegiatan yang biasa dilakukan di kelas konvensional berbasis pengetahuan (kognitif) dapat dipenuhi oleh kelas virtual ini, dimulai dari penyampaian materi, pemberian tugas, penilaian hingga tatap muka yang menggunakan video conference. Namun demikian, ada yang tidak bisa dipenuhi oleh sebuah alat teknologi, yaitu hubungan emosional antara dosen dan mahasiswa yang selama ini tetap dipertahankan, apalagi dapat mengembangkan pola pendidikan yang berbasis karakter yang penilaiannya mengacu pada sikap (apektif).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-08-12

How to Cite

Hawari, A. (2020). E-Learning Berbasis Virtual classroom di Era Covid-19: Iwan Hermawan. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 1(1). https://doi.org/10.35706/hw.v1i1.3929