Kompetensi Sosial Guru Profesional
Taufik Mustofa
DOI:
https://doi.org/10.35706/hawariAbstract
Istilah guru profesional sudah tidak asing lagi di kalangan dunia pendidikan. Berbagai macam upaya pemerintah dalam mewujudkan guru profesional, mulai dari perubahan kebijakan, mekanisme maupun tunjangan. Akan tetapi masih banyak guru yang kurang faham bahwa substansi guru profesional bukan hanya tentang tunjangan, melainkan peningkatan standar kompetensi guru yang meliputi: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengulas dan memberikan gambaran konkret berupa indikator tentang kompetensi sosial guru profesional dari berbagai sumber yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan untuk mencari data penunjang, maka penulis menggunakan metode dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode content analysis dengan menerapkan interprestasi dari sumber dan data yang didapat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional meliputi: hubungan guru dengan peserta didik, hubungan guru dengan guru lainnya, hubungan guru dengan Orang tua, hubungan guru dengan masyarakat.