PENDIDIKAN AKHLAK DAN KARAKTER SEBAGAI LANDASAN TEORI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5310Abstract
Program prioritas pembangunan nasional pemerintah adalah pendidikan karakter. Untuk itu perlu kajian lebih mendalam terkait pendidikan akhlak dan karakter sebagai landasan teori pendidikan karakter bangsa Indonesia, guna mengetahui bagaimana pendidikan akhlak dan karakter bangsa Indonesia melalui teori pendidikan karakter yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu dukungan yang lebih dari berbagai stakeholder serta kebijakan pemerintah yang mendukung aktivitas ini dalam mewujudkan cita-cita ini yakni mewujudkan pendidikan akhak dan karakter bangsa Indonesia, salah satunya melalui 1) sosialisasi kepada khalayak umum (masyarakat) terkait teori dan konsep yang digunakan bangsa Indonesia dalam mencetak akhlak dan karakter yang unggul; 2) melalui penggalian kembali serta menerapkan dengan segera tentang sumber nilai pembentuk karakter bangsa, yang meliputi agama, budaya dan falsafah negara dan tujuan pendidikan nasional untuk segera dipraktikkan. 3) menyelenggarakan pendidikan yang tangguh yang mampu menangkal ekses negatif dari pada budaya asing/global