PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5342Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan penelitian menguji secara empiris model evaluasi pendidikan karakater dalam pembelajaran di sekolah. Pada prinsipnya model evaluasi pendidikan karakter di sekolah terintegrasi dengan semua mata pelajaran di sekolah sebagai pendidikan pengembangan diri. Pelaksanaan model evaluasi pendidikan karakter dalam pemebelajaran disekolah bentuk dan proses evaluasi harus mampu mengukur domain afektif dan psikomotorik dengan baik. Masalah yang cukup sulit yaitu pelaksanaan model evaluasi harus mendapatkan informasi kemajuan hasil belajar untuk mendapatkan informasi karakater siswa. Model evaluasi pendidikan karakter harus mampu mengembangkan seluruh potensi siswa sebagai manifestasi pengembangan self concept,yang mampu mengembangkan seluruh potensi siswa yang beragam. Peran guru dalam pendidikan karakter yaitu sebagai, penghubung dengan sumber belajar,pelindung,fasilitator dan katalisator (seseorang atau sesuatu yang menyebabkan terjadinya perubahan dan menimbulkan kejadian baru atau mempercepat suatu peristiwa) . Model penelitian ini studi pustaka dan observasi secara online.