PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Authors

  • Siti Masruroh

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5342

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  dengan tujuan penelitian  menguji secara empiris model  evaluasi  pendidikan  karakater  dalam  pembelajaran  di sekolah. Pada  prinsipnya  model evaluasi pendidikan karakter di sekolah terintegrasi dengan semua mata pelajaran di sekolah sebagai pendidikan pengembangan diri. Pelaksanaan model evaluasi pendidikan karakter dalam pemebelajaran disekolah bentuk dan proses evaluasi harus mampu mengukur domain afektif dan psikomotorik dengan baik. Masalah yang cukup sulit yaitu pelaksanaan model evaluasi harus mendapatkan informasi kemajuan hasil belajar untuk mendapatkan informasi karakater siswa. Model  evaluasi  pendidikan  karakter  harus  mampu  mengembangkan  seluruh  potensi  siswa sebagai manifestasi pengembangan self concept,yang mampu mengembangkan seluruh potensi siswa yang beragam. Peran guru dalam pendidikan karakter yaitu sebagai, penghubung  dengan sumber belajar,pelindung,fasilitator dan katalisator (seseorang atau sesuatu yang menyebabkan terjadinya perubahan dan menimbulkan kejadian baru atau mempercepat suatu peristiwa) . Model penelitian ini studi pustaka dan observasi secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-08-04

How to Cite

Masruroh, S. (2023). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 2(1). https://doi.org/10.35706/hw.v2i1.5342