Upaya Meningkatkan Sikap Menghargai Perbedaan Melalui Proses Keterbukaan Diri Peserta Didik

Authors

  • Lilis Nurhayati

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v2i2.6072

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keberagaman yang ada masyarakat kita. Sekolah sebagai lembaga pendidikan, harus menyiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan di masyarakat khususnya dalam hal menghargai perbedaan. Sikap menghargai perbedaan dapat dimulai dari proses keterbukaan diri (self disclosure). Dengan keterbukaan diri(self disclosure) dapat membantu peserta didik dapat berkomunikasi dengan peserta didik lain, meningkatkan kepercayaan diri, serta hubungan menjadi lebih akrab. Di SMAN 2 Bandung nampak fenomena banyak peserta didik kurang memiliki kepercayaan diri, selain itu juga dikarenakan kondisi pandemi hampir dua tahun pembelajaran dilaksanakan secara daring membuat hubungan kurang akrab, selain itu juga proses keterbukaan diri (self disclosure) belum pernah mereka lakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat tindakan kelas dengan perlakukan dua kali siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses siklus tindakan I yang berupa penugasan keterbukaan diri ( self disclosure)  dan saling memberi komentar melalui platform forum google classroom peserta didik baru menunjukan proses keterbukaan diri, sedangkan sikap menghargai perbedaan belum nampak. Dalam treathment pada siklus II berupa intruksi untuk saling memberi komentar pada keterbukaan diri yang telah dilakukan di google classroom, dengan intruksi penugasan dilakukan melalui komunikasi media grup Whatsupp dan dengan panduan isian pada Googleform. Untuk penekanan, tanggapan pada platform  Googleform tersebut dijadikan bukti kehadiran yang dilaporkan kepada wali kelas dan guru BK. Pada siklus tindakan II ini, diperoleh hasil bahwa peserta didik menunjukan sikap menghargai perbedaan. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan  bahwa melalui proses keterbukaan diri ini  mampu: 1) meningkatkan sikap peserta didik untuk menyadari dan menerima kelebihan dan kekurangan dirinya serta bersikap terbuka terhadap teman-temannya; 2) meningkatkan sikap peserta didik dalam menyadari, menerima dan menghargai kelebihan serta kekurangan diri teman-temannya; 3) meningkatkan sikap menghargai perbedaan antar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-04

How to Cite

Nurhayati, L. (2022). Upaya Meningkatkan Sikap Menghargai Perbedaan Melalui Proses Keterbukaan Diri Peserta Didik. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 2(2). https://doi.org/10.35706/hw.v2i2.6072