Implementasi Metode Sedayu dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an

Authors

  • Intan Intan Safitri
  • Masykur H Mansyur Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v3i1.7072

Abstract

Penelitian ini merumuskan tiga permasalahan, yakni :1. Bagaimana penerapan metode Sedayu dalam meningkatkan kemampuan anak membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal. 2. Bagaimana peningkatan kemampuan anak membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal. 3. Apa saja factor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan anak membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan metode Sedayu dalam meningkatkan kemampuan anak membaca Al-Qur’an di pondok Pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal. Metode penelitian yang di gunakan adalah Metode Penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitain yang menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis maupun lisan dan perilaku yang dapat diamati. Dalam penelitain ini yang menjadi responden adalah pengasuh, guru dan anak. Adapun prosedur pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitain tesebut maka dapat diketahui bahwa penerapan metode Sedayu dalam meningkatkan kemampuan anak membaca Al-Qur’an di pondok Pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal cukup baik, hal ini terbukti bahwa guru sudah menrapkan metode Sedayu sehingga siswa dapat meningkatkan kekmapuan membaca Al-Qur’an dengn baik dan benar, dengan factor pendukung 1. Guru, harus benar-benar faham dengan pola piker anak dan berkualitas ketika mengajar dan 2. Orang tua, mendukung, memberi semangat, dan memperhatikan anaknya, sehingga yang diharapkan oleh pihak sekolah dan guru dapat berjalan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Intan Intan, Safitri

 

 

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Intan, I., & H Mansyur, M. (2022). Implementasi Metode Sedayu dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(1). https://doi.org/10.35706/hw.v3i1.7072