Membumikan Kebinekaan Bangsa Indonesia Melalui Pendidikan Pluralisme dan Multikulturalisme

Authors

  • Kinanti Laras Prastyani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida
  • Ismaya Rosalia
  • Muhammad Farras Faishal
  • Muhammad Naufal Zainul Haq

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v4i1.9372

Abstract

Pendidikan pluralisme dan mutikulturalisme adalah dua hal yang sangat penting di dalam pendidikan bangsa Indonesia saat ini. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak-dampak yang terjadi akibat kurangnya pendidikan pluralisme dan multikulturalisme yang kurang dipahami oleh sebagian masyarakat Indonesia dan bagaimana caranya agar tetap dapat membumikan kebinekaan bangsa Indonesia di tengah pengaruh konflik-konflik pluralisme dan multikulturalisme yang ada. Pada dasarnya, konflik-konflik itu hadir diakibatkan karena kurangnya pemahaman sebagian masyarakat Indonesia tentang pendidikan pluralisme dan multikulturalisme yang ada di Indonesia dan menimbulkan dampak yang masih dapat dicari solusi penyelesaiannya. Misalnya seperti konflik keagamaan serta konflik budaya yang terjadi di Indonesia, banyak yang tidak bertanggung jawab akan hadirnya konflik tersebut. Kurangnya perhatian masyarakat tentang pendidikan plural dan multikultural ini serta ketidak pahaman masyarakat tentang bagaimana cara penyelesaian permasalahan konflik yang terjadi juga menjadi pemicu hadirnya konflik tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kajian Kepustakaan atau Library Research, yakni analisis dan pengumpulan data-data terhadap Jurnal-jurnal atau artikel, buku-buku serta penelusuran internet mengenali tema penelitian penulis guna mendapat referensi dan kesimpuan hasilnya penulis mampu membuat upaya untuk menangani dan mengantisipasi masalah atau dampak yang terjadi akibat konflik kurangnya pengetahuan tentang pendidikan pluralisme dan multikulturalisme supaya kita sebagai generasi muda penerus bangsa tetap dapat membumikan kebinekaan negara Indonesia yang menjadi ciri khas negeri kita tercinta ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faltih, Khoirul. I. (2019). MEMBUMIKAlN PLURAlLISME DI INDONESIAl : MAlNAlJEMEN. 6, 29–38.

Farida, N. A., & Makbul, M. (2023). Studi-studi tentang Al-Qur’an dalam Konteks Keindonesiaan menurut Pandangan Howard Federspiel. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8576

Hakim, Z., & Nurasiah, Y. (2023). Moderasi Beragama Berbasis Masjid. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8716

Makbul, M., & Miftahuddin, M. (2021). The Effect Of Academic Procrastination On Learning Acheivement Of Islamic Religious Education Students At SMAN 5 Makassar. International Journal of Islamic Studies, 1(1), 27-36.

Makbul, M., Bakar, A. A., & Parhani, A. (2021). Al-Qur'an Insights About Musyawarah (A Study of Maudhu'iy Commentary on Deliberation). Jurnal Diskursus Islam, 9(2), 102-113.

Makbul, M., Farida, N. A., & Rukajat, A. . (2023). Peserta Didik dalam Pandangan Teori Empirisme, Naturalisme, Konvergensi Naturalisme dan Tinjauan Pendidikan Islam. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8417

Merdeka, K., Merdeka, K., Merdeka, K., Merdeka, K., Merdeka, K., Merdeka, K., Pembelajaran, P., Asesmen, P., & Pembelajaran, P. (n.d.). Pengantar.

Miftahuddin, M. (2021). Pengaruh Prokrastinasi Akademik terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMA Negeri 5 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Nurhasan, N. (2023). Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Pada Smp Ibnu Sina Bandung. Hawari : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8460

Prof. Dr. Falridal Halnum . (2004). Pendidikaln Multikulturall Dallalm Plurallisme Balngsal. 1–24.

Ratnasari, T., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Media Kartu Sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di Tkq Tamrinusshibyan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 270-275.

Redalksi, P., Lubis, Z. B., Redalksi, W. P., Sembiring, S. Al., Redalksi, S., Nalsution, N., Redalksi, D., Zuskal, F., Berutu, L., Halralhalp, R. H., Talmbunaln, R., Salhrialni, T., Alhli, P., Usalhal, T., Balngun, S., Siregalr, E. S., Malkmur, M., Online, E., Alhmald, N., … Bulaln, P. (2006). Dalftalr Isi. II(1).

Salri, M. (2020). NAlTURAlL SCIENCE : Jurnall Penelitialn Bidalng IPAl daln Pendidikaln IPAl , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetalk ) Penelitialn Kepustalkalaln ( Libralry Resealrch ) dallalm Penelitialn Pendidikaln IPAl. 6(1), 41–53.

Teti Nurhalizah, S. M., Dedih, U., & Erihadiana, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Kelas 7 Dalam Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 3783–3794.

Vidiawati, A. D., Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2023). The Role of Parents in Forming Akhlakul Karimah (Noble Characters) in Early Childhood in Mekar Mukti Village, North Cikarang Sub-District. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 15(1), 123-134.

Published

2023-07-09

How to Cite

Prastyani, K. L. ., Farida, N. A. ., Rosalia, I. ., Faishal, M. F. ., & Haq, M. N. Z. . (2023). Membumikan Kebinekaan Bangsa Indonesia Melalui Pendidikan Pluralisme dan Multikulturalisme. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(1), 100–109. https://doi.org/10.35706/hw.v4i1.9372