Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menjaga Nilai Moral Remaja

Authors

  • Nurjanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Putri Hoyrun Nisa A Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rachmat Fahriza Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v4i1.9549

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah kemerosotan moral akhir-akhir ini menjangkit  sebagian generasi para remaja. Gejala kemerosotan moral antara lain dengan merebaknya kasus penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, kriminalitas, kekerasan, dan perilaku yang kurang terpuji lainnya. Bahkan perilaku tindak kekerasan akhir-akhir ini begitu viral dan menjadi atensi, yang dilakukan oleh remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam pembinaan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kajian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam membina karakter siswa yakni dari segi faktor pendukung adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang kondusif serta adanya komunikasi antara guru dan orangtua siswa sedangkan untuk faktor penghambat biasanya terjadi karena faktor kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya nilai karakter serta keadaan lingkungan dimana siswa tinggal dan juga teman-teman sebaya dalam pergaulan di masyarakat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida, N. A., & Makbul, M. (2023). Studi-studi tentang Al-Qur’an dalam Konteks Keindonesiaan menurut Pandangan Howard Federspiel. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8576

Hakim, Z., & Nurasiah, Y. (2023). Moderasi Beragama Berbasis Masjid. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8716

Hasanah, U. (2018). Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak

Komariah, K. St. (n.d.). Model Pendidikan Nilai Moral Bagi Para Remaja Menurut Persfektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9.

Makbul, M., & Miftahuddin, M. (2021). The Effect Of Academic Procrastination On Learning Acheivement Of Islamic Religious Education Students At SMAN 5 Makassar. International Journal of Islamic Studies, 1(1), 27-36.

Makbul, M., Bakar, A. A., & Parhani, A. (2021). Al-Qur'an Insights About Musyawarah (A Study of Maudhu'iy Commentary on Deliberation). Jurnal Diskursus Islam, 9(2), 102-113.

Makbul, M., Farida, N. A., & Rukajat, A. . (2023). Peserta Didik dalam Pandangan Teori Empirisme, Naturalisme, Konvergensi Naturalisme dan Tinjauan Pendidikan Islam. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8417

Mutiani, M. (2018). Literasi Budaya Lokal Sebagai Wahana Edukasi di Era Milenial

Nurhasan, N. (2023). Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Pada Smp Ibnu Sina Bandung. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8460

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. PENERBIT DEEPUBLISH.

Purwati, Muhammad Japar, L. Q. (2016). MORALITAS REMAJA DAN PENGEMBANGANNYA.

Putra, Muhammad Daffa Rizqi Eko, dan Nurliana Cipta Apsari. Hubungan Proses Perkembangan Psikologis Remaja Dengan Tawuran Antar Remaja. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 3.1 (2021): 14-24.

Rachmasisca, F. M. (2018). Nilai Pendidikan Dalam Novel My Love Is a White Hacker Karya Mahmud Jauhari Ali. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11, 13–28.

Ratnasari, T., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Media Kartu Sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di TKQ Tamrinusshibyan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 270-275.

Subur. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Perkembangan Jiwa Remaja. Tarbiyatuna, 7(2).

Syaharuddin, S., Pasani, C. F., & Mariani, N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bakumpai di SDN Batik Kabupaten Barito Kuala.

Usia Dini (Moral and Discipline Development Methods for Early Children). Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 91–117.

Wijayanti, Li. (n.d.). KEMEROSOTAN NILAI MORAL YANG TERJADI PADA GENERASI MUDA DI ERA MODERN. 1–8.

Yusriyah. (2017). Penanggulangan Kenakalan Remaja melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 5(1).

Published

2023-07-09

How to Cite

Nurjanah, N., Nisa A, P. H., Fahriza, R., & Farida, N. A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menjaga Nilai Moral Remaja. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(1), 72–92. https://doi.org/10.35706/hw.v4i1.9549