Pengaruh Intellectual Capital dan Non Interest Income Terhadap Kesehatan Bank Syariah Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019

Authors

  • Lisna Lisnawati STIE Sebelas April Sumedang, Indonesia

Abstract

Purpose – Tujuan penlitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisa pengaruh intelectual capital dan non interest income terhadap kesehatan bank syariah di Indonesia.
Design/methodology/approach – Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan model Regresi Linier Berganda dengan olah data menggunakan SPSS 25. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah sampling jenuh. Semua Bank Syariah yang terdaftar di dalam Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2019 digunakan sebagai sampel.
Findings – Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intellectual Capital berpengaruh secara parsial terhadap kesehatan bank, Non Interest Income tidak berpengaruh secara parsial terhadap kesehatan bank, terdapat hubungan negatif antara Intellectual Capital dengan Non Interest Income, dan terbukti bahwa Intellectual Capital dan Non Interest secara simultan berpengaruh terhadap kesehatan bank. Dapat disimpulkan bahwa Intellectual capital berpengaruh positif terhadap kesehatan bank syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dan Non Interest Income tidak memiliki pengaruh terhadap kesehatan bank syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Reseach limitations/implications – Manajemen Bank Syariah harus memperhatikan intelectual capital sebagai faktor berpengaruh terhadap tingkat kesehatan bank syariah.
Originality/value – intelectual capital dan non interest income terhadap kesehatan bank


Keywords : Intelectual Capital, Non Interest Income, Kesehatan Bank

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-13

How to Cite

Lisnawati, L. (2020). Pengaruh Intellectual Capital dan Non Interest Income Terhadap Kesehatan Bank Syariah Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. International Journal Accounting Tax and Business, 1(01), 45–67. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/IJATB/article/view/4582

Issue

Section

Research article