https://journal.unsika.ac.id/index.php/IJPP/issue/feed THE INDONESIAN JOURNAL OF POLITICS AND POLICY (IJPP) 2024-02-16T23:05:44+07:00 Mochamad Faizal Rizki mochamad.faizal@fisip.unsika.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">The Indonesian Journal of Politics And Policy (IJPP), p-ISSN 2622-6251 ; e-ISSN 2655-3376 merupakan <em>peer-reviewed</em> jurnal yang dipublikasikan oleh Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang dan terbit pertama kali pada bulan Januari Tahun 2019. The Indonesian Journal of Politics And Policy (IJPP) diterbitkan secara berkala yaitu dua kali dalam setahun (bulan Juni dan Desember) sebagai wahana pendorong bagi perkembangan Ilmu Pemerintahan. Artikel yang diterbitkan pada jurnal ini merupakan hasil penelitian serta kajian kritis terhadap berbagai konsep baru, fenomena dan peristiwa dalam bidang pemerintahan, sosial dan politik dengan ruang lingkup sebagai berikut :</p> <p style="text-align: justify;">Politik, kebijakan publik, pelayanan publik, pemerintahan desa, tata kelola pemerintahan<em>, e-government</em>, otonomi daerah, pemberdayaan masyarakat, birokrasi, pengawasan pemerintahan, pertahanan kemanan dan keuangan daerah</p> <p style="text-align: justify;">Untuk setiap artikel yang masuk akan melalui proses review oleh peer reviewer yang memiliki kompetensi di bidangnya dengan proses review bersifat <em>double blind</em>. Keputusan diterima atau tidaknya artikel ilmiah dalam jurnal ini merupakan hak dewan redaksi berdasarkan pada rekomendasi dari peer reviewer.</p> <p style="text-align: justify;">Mohon membaca dan memahami pedoman bagi penulis (<em>author guidlines</em>) secara menyeluruh, penulis yang menyerahkan naskah ke editor IJPP harus sesuai dengan pedoman penulisan. Jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau menggunakan format yang berbeda maka akan ditolak oleh tim redaksi sebelum direview. Tim editorial hanya akan menerima naskah yang memenuhi persyaratan dan format yang telah ditentukan.</p> https://journal.unsika.ac.id/index.php/IJPP/article/view/9792 Penerapan Sistem Informasi Dukcapil Oloh Itah SI-DOI Dalam Menunjang Efisiensi Tata Kelola Pemerintahan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palangka Raya 2024-02-15T11:17:57+07:00 Dian Iskandar dianiskandar@fisip.upr.ac.id Anjela Claudya anjelaclaudya@gmail.com Mahardiawan Putra iskandardian2790@yahoo.com <p>Transformasi pemerintahan berbasis digital adalah suatu kewajiban sekaligus tantangan bagi pemerintah, sesuai dengan Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di mana SPBE bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang berdaya guna dan berkualitas. Namun pada kenyataannya, penerapan E-Government dalam birokrasi digital belum berjalan dengan maksimal. Maka dari itu, artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi E-Government melalui pelayanan SI-DOI dalam menunjang efisiensi tata kelola pemerintahan pada Disdukcapil Kota Palangka Raya kemudian melihat kualitas pelayanan serta upaya dalam peningkatan pelayanan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik penentuan informan berupa <em>purposive sampling</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan melalui SI-DOI sudah cukup baik karena telah memenuhi 5 dimensi kualitas menurut Berry dan Parasuraman. Penerapan SI-DOI secara implementasi E-Government dapat dikatakan cukup berhasil dengan adanya 3 elemen sukses E-Government yang dimiliki, sehingga menunjang efisiensi proses tata kelola. Hal itu dilihat dari manfaat yang didapatkan dari dua belah pihak berupa kemudahan pelayanan, minimnya waktu, biaya serta tenaga, serta capaian sesuai target bagi instansi dengan meminimalisir penggunaan sumber daya. Namun, masih belum cukup maksimal karena masih ada fasilitas yang kurang memadai, serta kendala jaringan.</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Dian Iskandar, Anjela Claudya, Mahardiawan Putra https://journal.unsika.ac.id/index.php/IJPP/article/view/9845 Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila di SMPN Negeri 1 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya 2024-02-15T23:37:49+07:00 Alfi Rindra Mulya Fauzi alfirindramulyafauzi@gmail.com Endah Vestikowati endahvestikowati@unigal.ac.id Otong Husni Taufiq otong_husni@unigal.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan dalam implementasi kebijakan tentang <br />penyelenggaran pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila di SMPN 1 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana implementasi kebijakan tentang penyelenggaran pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila di SMPN 1 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dengan menggunakan data primer dan sekunder dengan jumlah informan sebanyak 10 orang yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan adalah teori Van Metter &amp; Van Horn (1975) dalam (Agustino, 2022) yang disebut sebagai A Model of the Policy Implementation Process yang berisi variabe ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap atau kecenderungan (disposition) para pelaksana, komunikasi antar-organisasi terkait dan kegiatan-kegiatan pelaksanaan, dan lingkungan sosial, ekonomi, dan politik. Teknik analisis/pengolahan data dilakukan melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan tentang penyelenggaran pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya permasalahan pada semua dimensi/variabel tersebut</p> 2024-02-16T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Alfi Rindra Mulya Fauzi, Endah Vestikowati, Otong Husni Taufiq https://journal.unsika.ac.id/index.php/IJPP/article/view/9995 Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Samsat Delivery Ciamis Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Ciamis 2024-02-16T13:16:59+07:00 Diki Taufik Faturahmam dikitaufikfaturahman@gmail.com Sirodjul Munir Sirodjul@gmail.com Endah Vestikowati endahvestikowati@unigal.ac.id <p><em>Kantor Bersama SAMSAT Ciamis merupakan salah satu penyedia layanan publik bagi masyarakat <br />umum maupun wajib pajak. Karena efek pandemi Covid-19 pada layanan SAMSAT Ciamis, <br />individu tidak bisa membayar pajak kendaraan bermotor mereka dengan cara langsung <br />datang ke kantor SAMSAT. Sebaliknya, mereka didorong tetap tinggal di dalam rumah selama pandemi dan menghindari kerumunan. Dengan menciptakan sistem yang menyederhanakan pembayaran pajak, SAMSAT Ciamis bertujuan untuk mengatasi permasalah ini. Inovasi ini diimplementasikan melalui program kreatif yang berfokus pada masyarakat untuk meningkatkan sistem dan prosedur layanan. Dengan mengembangkan layanan SAMDECI (Samsat Delivery Ciamis), SAMSAT Ciamis melakukan inovasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran rinci tentang layanan SAMSAT SAMDECI yang inovatif dan merupakan program layanan unggulan yang disediakan oleh Kantor Bersama SAMSAT Ciamis. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif adalah metodologi yang digunakan. Atribut teori inovasi menurut Rogers dalam (Suwarno, 2008) menjadi landasan penelitian ini. Dalam konteks inovasi layanan SAMDECI (Samsat Delivery Ciamis), atribut tersebut meliputi relative advantage, compatibility, complexity, triability, dan observability dalam pelaksanaan inovasi layanan SAMDECI (Samsat Delivery Ciamis). Terkait teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan </em></p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Diki Taufik Faturahmam, Sirodjul Munir, Endah Vestikowati https://journal.unsika.ac.id/index.php/IJPP/article/view/10711 Patologi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Kalensari Kecamatan Compreng Kabupaten Subang 2024-02-16T21:44:33+07:00 Muhammad Syahru Ramadhan muhammadsyahruramadhan2502@gmail.com Hanny Purnamasari hanny.purnamasari@fisip.unsika.ac.id <p>Pemerintah desa memiliki tanggung jawab penting untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat di segala bidang, termasuk dalam bidang administrasi kependudukan. Salah satu masalah yang muncul dalam patologi pelayanan administrasi kependudukan di Desa Kalensari adalah penyalahgunaan wewenang dan jabatan oleh pegawai desa serta kinerja yang kurang produktif. Peneliti menggunakan desktiptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah pelayanan administrasi kependudukan disebabkan oleh persepsi dan gaya manajemen pejabat di lingkungan birokrasi, penyalahgunaan wewenang dan jabatan oleh kepala desa yang terlihat dalam pemilihan anggota staf desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa patologi yang disebabkan oleh kurangnya atau rendahnya pengetahuan dan keterampilan petugas pelaksana berbagai kegiatan operasional masih menyebabkan lamanya waktu pelayanan</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Syahru Ramadhan, Hanny Purnamasari https://journal.unsika.ac.id/index.php/IJPP/article/view/10674 Tata Kelola Pemerintahan Dalam Pelayanan Publik di Desa Karang Anyar 2024-02-16T23:05:44+07:00 Rizki Hidayatulloh 2110631180032@student.unsika.ac.id Hanny Purnamasari hanny.purnamasari@fisip.unsika.ac.id <p>Tata kelola pemerintahan desa merupakan bagian penting dari struktur pemerintahan di banyak negara, termasuk Indonesia, tata kelola pemerintahan desa sangat penting. Pelayanan publik yang ideal dapat dicapai melalui pemerintahan desa yang profesional, efisien, efektif, terbuka, dan bertanggung jawab, yang dikenal sebagai pemerintahan yang baik. Tata kelola pemerintahan desa ini memiliki kemampuan untuk mewujudkan pemerintahan yang baik melalui program untuk meningkatkan pelayanan publik di <br />tingkat desa. Metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penguatan Tata Kelola Pemerintahan Desa dapat meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Karang Anyar sudah baik dilihat dari partisipasi masyarakat, transparansi, akuntabilitas, responsivitas, efektivitas dan kualitas kepemimpinan.</p> 2023-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 Rizki Hidayatulloh, Hanny Purnamasari