Survei Penerapan Olahraga Tradisional dalam Pembelajaran Penjas pada SMA Negeri di Kecamatan Cikarang Utara

Penulis

  • Faris Halin Savara Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rekha Ratri Julianti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3897

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan olahraga tradisional dalam pembelajaran penjas pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Cikarang Utara. Permasalahan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan olahraga tradisional dalam pembelajaran penjas pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Cikarang Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket. Sampel dalam penelitian ini adalah guru penjas yang berjumlah 7 guru. Pada sekolah menengah atas negeri di kecamatan cikarang utara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian mengenai survei penerapan olahraga tradisional dalam pembelajaran penjas pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Cikarang Utara, yaitu menyatakan telah di terapkan 98% di SMAN 1 Cikarang Utara, 98% di SMAN 2 Cikarang Utara, 97% di SMAN 3 Cikarang Utara. Secara keseluruhan telah di terapkan olahraga tradisional pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Cikarang Utara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto (2014:03) Pengertian Pendekatan Pengetian

Biasworo Adisuyanto Aka. Oltrad.blogspot.com Pengertian Hadang

Candra Gumilar. 2015. Hubungan Model Pembelajran Cooperative Learning Terhadap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Bola Tangan Siwa kelas XI SMAN 2 Klari. Sripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Singaperbangsa: Karawang Fokusjabar.co.id

Gustiawati, Resti. Kurniawan, Febi. Fahrudin. dan Purnama, Indah, Eka. 2019. Pengembangan Pendekatan Evaluasi The Most Significant Change Technique Dalam Pembelajaran Pendidikan Jassmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal pendidikan jasmani dan olahraga. vol 18 (2).

Gustiawati, Resti. Kurniawan. Fahrudin. dan Muhamad, Mury Syafei. 2014.

Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi. vol. 1 No. 3 September-November 2014: 33-40

Laksmitaningrum (2017: 9-10) Manfaat Olahraga Tradisional bagi Anak

Masri Singarimbun (2001) Pengertian Metode Penelitian

Mulyani (2016: 47-48) Pengertian Olahraga Tradisional

Nanang Budiman. 2017. Survei Keterlaksanaan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar Negeri SE- Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugroho (2005: 33-34) Nilai yang Terkandung dalam Olahraga Tradisional

Rosidig. 2012. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Siswa Kelas V SDN Kersan Gede 2 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Rukmana (2008: 2) Pendidikan Jasmani

Subarjah,Herman. (2008). Permainan kecil di sekolah dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono (2014: 118) Teknik Sampling Jenuh

Sugiyono. (2013: 12)Pengertian Metode Penelitian

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-07-25 — Diperbaharui pada 2021-07-25

Versi

Cara Mengutip

Halin Savara, F., Gustiawati, R. ., & Ratri Julianti, R. (2021). Survei Penerapan Olahraga Tradisional dalam Pembelajaran Penjas pada SMA Negeri di Kecamatan Cikarang Utara. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3897

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>