Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Chest Pass Bola Basket di SMPN 1 Rengasdengklok

Penulis

  • Setiadi Ramdani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rizki Aminudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dayat Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3945

Abstrak

Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar keterampilan chest pass bola basket pada peserta didik kelas VII SMP Negeri I Rengasdengklok. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah di rumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 1 Rengasdengklok dengan mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII I yang berjumlah total 43 responden. Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini, yaitu : pre-test, treatment dan post-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui hasil belajar keterampilan chest pass bola basket sebelum mendapatkan treatment. Setelah dilakukan pre-test, peneliti memberikan treatment kepada responden yaitu dengan memberikan model pembelajaran kooperatif. Setelah diberikan treatment, selanjutnya peneliti melakukan post-test untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar keterampilan chest pass bola basket pada responden. Penelitian diolah dengan menggunakan T-hitung dan dibandingkan dengan T-tabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif memiliki pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan chest pass bola basket pada peserta didik kelas VII SMP Negeri I Rengasdengklok dengan hasil perhitungan T-hitung sebesar 21,75 dan dibandingkan T-tabel 2,018.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Denny Kosasih, (2008). Fundamental Basket Ball, Karang Turi Media, Semarang.

FIBA. (2010). Pembelajaran Bola Basket. Jakarta: Tim Penerjemah PB PERBASI Bidang III PB PERBASI.

Hasanudin Cholil Nidaul Hidayah. (2013). Modul Matakuliah Statistika Bandung: UPI.

Khairul Hadziq, (2013) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP-MTs.

Mikanda Rahmani (2014) Buku Superlengkap Olaharaga. Dunia Cerdas. Jakarta.

Tite Juliantine, Toto Subroto Yunyun Yudiana, (2013). Model - Model pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Bandung.:UNJ.

Samsudin. (2008). pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan smp/mts.pertama.jakarta: Litera prenada media group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi D. (2013).aplikasi statistika dalam penelitian.kedua.Jakarta: Adikita

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-07-25 — Diperbaharui pada 2021-07-25

Versi

Cara Mengutip

Ramdani, S., Aminudin, R. ., & Hidayat, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Chest Pass Bola Basket di SMPN 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3945