Analisis Leverage dan Risiko Dalam Kaitannya Dengan Manfaat Ekonomi Anggota (Studi Kasus pada Koperasi Keluarga Besar PT Dirgantara Indonesia Wahana Raharja)

Authors

  • Sugiyanto Sugiyanto Institut Manajemen Koperasi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2205

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya penemuan data yang menunjukan bahwa modal Koperasi didominasi oleh modal yang bersumber dari luar. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk mengambil topik tersebut dengan menganalisis rasio keuangan menggunakan rasio leverage dan risiko dalam kaitannya dengan manfaat ekonomi anggota.

            Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh bahwa kondisi rasio leverage berada dalam kriteria tidak baik dengan rata-rata 574,02% artinya jumlah hutang yang dimiliki perusahaan lebih besar dari pada ekuitas. Jumlah hutang yang lebih besar menyebabkan biaya bunga naik dan menimbulkan risiko sehingga WACC naik setiap tahun. Hal ini mempengaruhi manfaat ekonomi tidak langsung yaitu sisa hasil usaha yang akan diterima oleh angggota Koperasi. Jika total hutang terus naik maka biaya bunga akan lebih besar yang menyebabkan WACC naik setiap tahunnya, maka sisa hasil usaha yang diterima anggota akan mengalami penurunan. Upaya yang harus dilakukan yaitu dengan meningkatkan modal sendiri dengan meningkatkan simpanan anggota yang berupa simpanan pokok dan wajib untuk memperbesar modal sendiri Koperasi.

 

Kata Kunci : Leverage, Risiko, Manfaat Ekonomi Anggota

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-10-31

Issue

Section

Artikel