Pengaruh Komite Audit dan Struktur Modal terhadap Pengungkapan Sustainability Report

(Studi Empiris Pada Perusahaan yang Mengikuti Asia Sustainability Reporting Rating Periode 2015-2020)

Authors

  • Rosita Wulandari Universitas Pamulang
  • Syifa Fauziyah
  • Ali Mubarok

DOI:

https://doi.org/10.35706/acc.v6i02.5616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris pengaruh komite audit dan struktur modal terhadap pengungkapan sustainability report pada perusahaan yang mengikuti Asia Sustainability Reporting Rating periode 2015-2020.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, data yang digunakan merupakan data sekunder dan kemudian dilakukan pengujian dan mendeskripsikan atau memberikan gambaran atas hasil tersebut. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan yang yang mengikuti Asia Sustainability Reporting Rating periode 2015-2020 berjumlah sebanyak 102 perusahaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan salah satu kriteria Perusahaan berpartisipasi dalam ajang penghargaan Asia Sustainability Reporting Rating (ASRR) selama 6 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2015-2020 dan Perusahan menerbitkan laporan keberlanjutan (sustainability report) yang terpisah ataupun terintegrasi dengan laporan tahunan, yang mana laporan tersebut adalah laporan keberlanjutan tahun pada tahun 2015 sampai dengan 2020 yang diikutkan dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRR) 2015-2019, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 9 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan bantuan software Eviews versi 9.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel komite audit memiliki pengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan variabel struktur modal tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Secara simultan komite audit dan struktur modal memiliki pengaruh terhadap pengungkapan sustainability report pada perusahaan yang mengikuti asia sustainability reporting rating periode 2015-2020.

Kata Kunci : Komite Audit, Struktur Modal, Sustainability Report.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Artikel