SALURAN DAN TINGKAT EFISIENSI PEMASARAN BAWANG MERAH DI KABUPATEN MAJALENGKA

Penulis

  • Suhaeni Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sri Ayu Andayani Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

ABSTRAK


Bawang adalah salah satu komoditas pertanian yang bernilai ekonomi tinggi dan memiliki prospek pasar yang besar. Namun demikian, masih menyimpan beberapa permasalahan. Diantaranya adalah nilai yang diterima petani lebih rendah dibandingkan dengan pelaku lain. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis saluran dan efisiensi pemasaran bawang merah. Pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik wawancara dengan menggunakan kuesioner. Responden meliputi petani bawang merah, bandar, kelompok tani, penebas, pengecer, dan narasumber lain yang dibutuhkan. Data sekunder diperoleh dari Dinas Pertanian Kabupaten dan Provinsi, Badan Pusat Statistik (BPS) dan Lembaga terkait lainnya. Teknik penentuan sampel menggunakan non probabilistik untuk menentukan pelaku utama, kemudian dilakukan penelusuran ke depan dan ke belakang dengan menggunakan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan untuk mengetahui efisiensi pemasaran menggunakan analisis marjin pemasaran, keuntungan, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola saluran pemasaran bawang merah terdapat 7 pola saluran. Sementara hasil analisis efisiensi pemasaran menunjukkan bahwa semua pola saluran pemasaran dikategorikan efisien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Downloads

Diterbitkan

2020-08-27

Cara Mengutip

Suhaeni, & Ayu Andayani, S. (2020). SALURAN DAN TINGKAT EFISIENSI PEMASARAN BAWANG MERAH DI KABUPATEN MAJALENGKA. Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 1(1), 1-9. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/agrimanex/article/view/4028

Terbitan

Bagian

Volume 1 No 1