Peran Guru Mata Pelajaran PAI dalam Pelaksanaan Kurikulum MBKM di SMKN 1 Gantar Indramayu

Authors

  • Nawa Zulfatus Shopiah Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir
  • Ika Sartika Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir
  • Ahmad Farihin UIN Walisongo Semarang
  • Pipin Avina Farhanah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i1.11163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Gantar Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai metodologi utama untuk mengungkapkan peran guru PAI dalam pelaksanaan kurikulum MBKM, melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunujukan bahwa peran guru PAI aktif terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran yang mengintegrasika nilai-nilai agama islam dangan kompetensi MBKM. Selain itu, guru PAI berperan sebagai pembimbing dan pemantau perkmbangan siswa, memberikan arahan terkait aspek keagamaan dan moral. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktidi pendidikan, guru PAI dan pihak sekolah untuk memahami dan meningkatkan peran mereka dalam mencapai tujuan kurikulum merdeka di SMKN 1 Gantar Indramayu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Zulfatus Shopiah, N. ., Sartika, I., Farihin, A., & Avina Farhanah, P. . (2024). Peran Guru Mata Pelajaran PAI dalam Pelaksanaan Kurikulum MBKM di SMKN 1 Gantar Indramayu. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i1.11163