Optimalisasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Akhlak Mazmumah Siswa Sekolah Dasar

Optimization of Islamic Religious Education Teachers in Addressing Elementary School Students' Psalms Morals

Authors

  • Ummah Karimah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Riski Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i1.11228

Abstract

Bentuk penyimpangan sikap terhadap siswa karena cenderung meniru apa yang dilihat sehingga menyebabkan sikap bersikap yang kurang baik atau akhlak mazmumah. Oleh karena itu, diadakan optimalisasi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi akhlak mazmumah siswa di SDN Sawah 04 Ciputat Tangerang Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi akhlak mazmumah dan faktor-faktor yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi Akhlak mazmumah siswa di SDN Sawah 04 Ciputat Tangerang Selatan.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mencari data tentang optimalisasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi akhlak mazmumah dan faktor-faktor yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi Akhlak mazmumah siswa di SDN Sawah 04 Ciputat Tangerang Selatan. Metode dokumentasi data yang dicari yaitu data tentang letak geografis sekolah, data keadaan guru, keadaan siswa, serta sarana dan prasarana. Adapun pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan kredibilitas dengan cara melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi akhlak mazmumah siswa dilakukan dengan cara melalui keteladanan, pembiasaan, nasehat dan hukuman. Gambaran akhlak mazmumah seperti membolos sekolah, menjelekkan temannya sendiri, dusta, berolok-olok, mengganggu temannya dikelas, berkhianat dan tidak mau patuh dengan guru dan orang tua. Adapun faktor-faktor yang dihadapi guru dalam mengatasi akhlak mazmumah yaitu kurangnya pengawasan orang tua, masa remaja (pubertas), teman sebaya, dan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Fauzi dan Siti Nurjanah. (2020). Gambaran Akhlak Mazmumah Siswa SMP Muhammadiyah di Kota Bandung, “Jurnal Pendidikan Islam”, 24 (2), h. 30.

Ahmad Ridwan dan Muhammad Nur. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di Era Digital, “Jurnal Pendidikan Islam”, 21(2), h. 41.

Asep Saeful Muhtadi dan Neni Kurniasih. (2021). Pengaruh Keluarga dan Sekolah Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa SMP di Kota Bandung, “Jurnal Pendidikan Islam”, 22(1), h. 39.

Ayumi, A. B., & Ferianto, F. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Kreatif terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika SDN Kranji II. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9936

Basri, Hasan. (2020). Remaja Berkualitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darwis, Abu. (2006). Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid Sekolah Dasar. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Fatimah Zahro dan Muhammad Nur. (2020). Gambaran Akhlak Mazmumah Siswa SMK dan Strategi Penguatan Pendidikan Karakter, “Jurnal Tarbiyah”, 16 (2), h. 35.

Habibah, Syarifah. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam, “Jurnal Pesona Dasar”, 1(4), h. 73-87.

Hanifah, R., & Farida, N. A. (2023). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 23–33. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9951

Muhammad Isa dan Nurhayati. (2020). Akhlak Mazmumah Siswa SMA dan Upaya Penanggulangannya Melalui Pembelajaran Aktif, “Jurnal Al-Ta’lim”, 18(1), h. 37.

Muhammad Isa dan Nurhayati. (2022). Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa SD, “Jurnal Al-Ta’lim”, 17(2), h. 39.

Nabila, S., Bariah, O., & Makbul, M. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 834-840.

Nengsih, W., Bariyah, O., & Makbul, M. (2023). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di SD Negeri Sukapura 2 Rawamerta Karawang. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1618-1625.

Nurmalasari, Yuli dan Erdiantoro, Rizki. (2020). “Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier,” Quanta, 4(1), h. 44–51.

Pramesti, A. N., & Makbul, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII 5 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 15–23. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.10006

Salsabil, S. N., & Ferianto, F. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN MEMBACA SISWA. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 8(1), 18-24.

Sari, E., Bariyah, O., & Makbul, M. (2023). Pelaksanaan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Berbasis Daring dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di SD Negeri Sukapura II Rawamerta Karawang. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1528-1536.

Siti Aisyah dan Nurhayati. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Membolos Pada Siswa SD di Kota Semarang, “Jurnal Tarbiyah”, 16(2), h. 33.

Siti Maryam dan Nurhayati. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Menyotek Pada Siswa SD, “Jurnal Al-Ihsan”, 10(2), h. 41.

Siti Nurjanah dan Halimah. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal, “Jurnal Tarbiyah”, 15(1), h. 40.

Syafi’i, A. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs As’adiyah Uloe. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 9–14. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9965

Widiasworo, E. (2017). Masalah-Masalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. (Yogyakarta: Araska.

Yuniati, Ani, dkk. (2017). “Perilaku Menyimpang dan Tindak Kekerasan Siswa SMP di Kota Pekalongan”, Jornal Of Educational Social Studies, 6(1), h. 2.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Karimah, U., & Riski, R. (2024). Optimalisasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Akhlak Mazmumah Siswa Sekolah Dasar : Optimization of Islamic Religious Education Teachers in Addressing Elementary School Students’ Psalms Morals. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v2i1.11228