Konsep Keberkahan Pengasuhan Anak dalam Perspektif Islam

Authors

  • Alfia Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nida'ul Munafiah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9950

Abstract

Orangtua merupakan sekolah pertama bagi anak-anaknya, sudah kita ketahui bahwa orangtua mengasuh anaknya baik dari kecil sehingga dewasa, tujuan penelitian ini ialah memberikan pemahaman kepada orangtua bahwasannya di dalam pengasuhan anak terdapat keberkahan dari Allah Swt yang dilakukan orangtua apabila orangtua ikhlas dan sabar dalam mengasuhnya. bahkan Allah Swt akan memberikan ganjaran yang besar. Dalam mencapai keberkahan dalam pengasuhan anak Orangtua perlu mengetahui hal apa saja yang dapat dicapai ketika mengasuh anak, baik dalam segi pendidikan, adab dan akhlak, serta bersikap adil terhadap anak satu dengan anak lainnya. Untuk mengatasi tantangan ini orangtua perlu menjalani perannya dalam kehidupan sehari-hari, mengimbangi perkembangan anak serta membimbingnya agar mereka tumbuh menjadi anak yang sukses dan bahagia dunia serta Akhirat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin Zaenal, Satrianingsih Andi. (2020) Fiqih Berkah (Memahami Hakikat berkah untuk meraih keberkahan Hidup), Makassar: Alauddin University Press, hal.3.

Afrialdi, R., (2021) Gen Z: Realita Tekanan Sosial media,Masa Depan dan Cara Menyiasatinya,dapat diakses melalui https://www.cxomedia.id/business-and-career/20211221110412-61-173001/gen-z-realita-tekanan-sosial-masa-depan-cara-menyiasatinya

Arham, D. M., (tt), Keberkahan Dalam Keluarga, dapat diakses melalui Https://Republika.Id/Posts/12716/Keberkahan-Dalam-Keluarga

Bakar Abu, (2011) “Perkembangan Psikologi Anak dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Sosial Budaya, Vol.8 No.2 2011, Hal.292

Charisma, M. C., (1991) Tiga Aspek Kemukjizatan A-Qur’an, Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Erzad, M. A., (2017). Peran Orangtua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga, Jawa Tengah, Hal.422

Farida, N. A., & Makbul, M. (2023). Konsep Pendidikan Menurut Ibnu Miskawaih. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(1), 30–36. https://doi.org/10.35706/hw.v4i1.9348

Farida, N. A., & Makbul, M. (2023). Studi-studi tentang Al-Qur’an dalam Konteks Keindonesiaan menurut Pandangan Howard Federspiel. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8576

Farida, N. A., Karnia, N., Ferianto. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN MADRASAH TAKMILIYAH DAN BOARDING. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Vol 6, No 2 (2022) http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.14809

Fitriana, R., Septiani ayu Diah, Fachrudin Adi, (2022). Tantangan Pengasuhan Anak Di Era Digital Pasca Pandemi Covid-19, Artikel, hal. 116

Hermawan, I. (2023). Tadabur Al-Qur'an Sebagai Upaya Literasi Beragama di Era Digital. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 1-11.

Jauharoh, A., (2021) Konsep Mendidik anak dalam perspektif Al-Qur’an (Telaah Q.s Luqman ayat 12-19), Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kediri, Hal.13

Juhar, (2015). Mengasuh Anak Menurut Ajaran Agama Islam” Penghulu Madya KUA Kec.Padang utara, Padang.

Kadir, A., Peranan Keteladanan Orangtua Dalam Membentuk Keteladanan Dan Akhlak Dan Anak Di SDN Cibuluh 02 Bogor Utara, Journal Pendidikan Islam, Bogor, Hal.34

Karnia, N., & Nurhasan, N. (2023). Instrumen Penilaian Sikap Sosial untuk Siswa SMK. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 55-69.

Karnia, N., Farida, N. A., Ferianto. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Vol 6, No 2 (2022) PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.14782

Kusaeri, A., (2017). Berkah dalam Perspektif Al-Qur’an: Kajian Tentang Objek yang Mendapat Keberkahan, Tesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Hal.3-4

Makbul, M., Farida, N. A., &Rukajat, A. . (2023). Peserta Didik dalam Pandangan Teori Empirisme, Naturalisme, Konvergensi Naturalisme dan Tinjauan Pendidikan Islam. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2). https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8417

Makbul, M., & Farida, N. A. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Teknik Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.35706/hw.v4i1.9351

Mustofa, T., Farida, N. A., & Ferianto, F. (2023). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 44–54. https://doi.org/10.32665/alulya.v8i1.1374

NINGTYAS, Dea Tara; FARIDA, Nur Aini; FIRADILAH, Ais. Implemetasi Teori Motivasi Abraham Maslow dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 28-34, aug. 2022. ISSN 2580-068X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tapis/article/view/5311>. Date accessed: 27 july 2023. doi: https://doi.org/10.32332/tapis.v6i1.5311.

Nurhayati, S., Hermawan, I., Farida, N. A., MENINGKATKAN KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN. Hijri - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 12, No 1 (2023) DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v12i1.16590

Nurjanah, N., Syellen Edwid Nivacindera, Nisa A, P. H., Fahriza, R., & Farida, N. A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menjaga Nilai Moral Remaja. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(1), 72–92. https://doi.org/10.35706/hw.v4i1.9549

Perkembangan Manusia dalam Psikologi Islam, dapat diakses melalui https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/page/view.php?id=84315 , Diakses pada 28 juni 2021

Permatasari, T., & Ulya, N. (2022). Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Dinasti FATIMIYAH DI MESIR (909–1171 M). Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Putri, J., & Ferianto, F. (2023). Kemajuan Peradaban Islam Di Era Society 5.0. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 42-54.

Regina, S., Rizana, S., & Saputra, A. A. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SD Negeri 157 Palembang. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 12-19.

Rohmitriasih, M., Tantangan Mengasuh Anak yang kerap dialami orangtua Masa Kini, dapat diakses melalui https://www.fimela.com/parenting/read/4039247/tantangan-mengasuh-anak-ang-kerap-dialami-orangtua-masa-kini

Sa’duddin I. A. M., (2006). Meneladani Akhlak nabi, Remaja Rosdakarya, Bandung, hal.15

Said, N., (2022) Strategi Coping Religius Orangtua Dalam Mengasuh Anak Usia Dini Di Masa Covid-19 Menuju Endemi, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Pare-Pare, Hal.34.

Shihab, M. Q., (2007) Tafsir Al-Mishbah juz 4, Jakarta: Lentera Hati, Hal.194.

Syafi'i, A. S. I., Akmal, A., & Bulan, S. (2023). Pemahaman dan Praktik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs As’ adiyah Uloe. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 20-30.

Syarif, B. A., (2003). Seni Mendidik Islami: Kiat-Kiat Menciptakan Generasi Unggul, Jakarta: Pustaka Zahra, Cet-1, Hlm.57

Tafsir Web, Al-Qur’an QS. An-nahl 16:97. https://tafsirweb.com/4445-surat-an- nahl-ayat-97.html

TafsirQ, Al-Qur’an QS. Ar-ruum beserta terjemahannya ayat 54 dapat diakses melalui https://tafsirq.com/30-ar-rum/ayat-54

Wikrama, M. F., & Ferianto, F. (2022). Meneladani Kisah Seorang Muadzin Pertama, Bilal Bin Rabbah. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Zaki, A. A., & Munafiah, N. U. (2022). Psikologi Perkembangan Peserta Didik Dalam Perspektif Islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02).

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Aulia, A., & Munafiah, N. (2023). Konsep Keberkahan Pengasuhan Anak dalam Perspektif Islam. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(01), 45–52. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9950