Efektivitas Pelaksanaan Bimago dalam Meningkatkan Tingkat Kelulusan Penerimaan Santri Baru Masuk Gontor

Authors

  • Muthia Azizah UIN Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati UIN Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10458

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bimbingan masuk gontor (bimago) efektif dalam meningkatkan tingkat kelulusan santri baru untuk masuk gontor. Bimago merupakan lembaga bimbingan belajar yang bertujuan untuk mempersiapkan santri baru yang ingin melanjutkan Pendidikan ke Pondok Pesantren Modern Gontor. Dengan adanya bimago ini dapat membantu para santri baru mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian kelulusan masuk gontor. Calon santri yang belajar di bimago mempelajari Pelajaran yang akan diujikan dalam ujian masuk gontor.  Gontor merupakan sebuah pondok pesantren modern yang pusatnya berada di Jawa Timur, yang memiliki cabang di berbagai daerah di Indonesia dan memiliki tujuan yang sama yaitu agar anak-anak yang ingin melanjutkan Pendidikan di gontor dapat lulus. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, peneliti secara langsung terjun untuk mengamati bagaimana efektifitas bimago dalam meningkatkan tingkat kelulusan santri baru masuk gontor. Adapun hasil dari penelitian ini bahwasanya bimago (bimbingan masuk gontor) sangat membantu santri baru yang ingin melanjutkan Pendidikan ke Pondok Pesantren Modern Gontor dan efektif dalam meningkatkan tingkat kelulusan santri baru untuk masuk gontor, para santri yang sebelumnya telah mengikuti bimago lulus menjadi santri baru gontor, dibandingkan dengan yang tidak mengikuti bimago sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/38044

Maharani, K. A., Fatkhurrahman, F., Astina, C., & Faida, F. (2022). Problematika Pembelajaran Menulis dengan Metode Imla’pada Santri Bimbingan Masuk Gontor (Bimago). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 119–132.

Manurung, K. (2022). Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi. Filadelfia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 285–300.

Maslul, S., Khizbullah, M. A., Thonthowi, T., Fithroni, F., & Novitasari, A. (2021). Pembekalan Metode Pengajaran Imla’Bagi Pengajar Bimbingan Masuk Gontor Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 180–186.

Octaviana, D. R. (2023). Peningkatan Religiulitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ibadah Amaliyah Dan Ibadah Qauliyah Di Lembaga Bimbingan Masuk Gontor IKPM Magetan [PhD Thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/24795/2/dilla.pdf

Prasetyo, I. A. B. (2020). Standar Operasional Prosedur (SOP) Bimbingan Masuk Gontor. PP - IKPM Gontor. https://ppikpm.gontor.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/SOP-BIMAGO.pdf

Supriyanti, I. (2023). Kreatifitas Tutor Bimago Magetan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Maharatul Kitabah) Melalui Imla’. Mahira: Journal of Arabic Studies, 3(1), 1–12.

Tolib, A. (2015). Pendidikan di pondok pesantren modern. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 60–66.

Wibowo, I. M. (2022). KEGIATAN Bimbingan Belajar Masuk Gontor Dalam Meningktkan Minat Calon Peserta Didik Pondok Modern Darussalam Gontor. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(9), 1855–1858.

Yuliana, K., Saptono, A., & Cahyaningsih, N. (2020). Analisa Pemanfaatan Google Custom Search Pada Website Yufid. Com dengan Metode Kualitatif Deskriptif. Innovative Creative and Information Technology, 6(1), 61–69.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Azizah, M., Kustati , M. ., & Amelia, R. . (2024). Efektivitas Pelaksanaan Bimago dalam Meningkatkan Tingkat Kelulusan Penerimaan Santri Baru Masuk Gontor. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(2). https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10458