Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits

Authors

  • Abdul Haris Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nabilah Khoirunnisa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada kelas VII, untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an lulusan MI dan lulusan SD dan juga untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan sampel pada penelitian adalah siswa kelas VII di MTs Darussalam Uulujami yang berjumlah 54 orang. Dari jumlah populasi tersebut, semuanya menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Metode tes untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan MI dengan siswa lulusan SD di MTs Darussalam Ulujami Jakarta. 2) Metode dokumentasi berupa raport semester ganjil sebagai data pendukung dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. 3) Metode Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pendahuluan dengan metode persentase, uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-independent sampel dan uji anova one way. 

Dari penelitian ini, berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) yaitu 0.295 > 0.05 dan thitung: 1.059 < ttabel: 1.675 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD. Untuk hasil uji anova one way diperoleh hasil hasil signifikansi 0.055 > 0.05 untuk lulusan MI dan nilai signifikansi 0.748 > 0.05 untuk lulusan SD. Data tersebut dapat diartikan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari kemampuan membaca al-Qur’an yang berasal dari MI dan SD terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lutfi, Ahmad. (2009). Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist. Jakarta: Departemen Agama RI.

Muhaimin. (2004). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musbikin, Imam. (2014). Mutiara al-Qur’an Khazanah Ilmu Tafsir dan al-Qur’an. Madiun: Jaya Star Nine.

Siregar, Dinda Gayatri. (2021). Kemampuan Membaca Al-Quran Di Kalangan Remaja Di Desa Sukaramai Kecamatan Sibabangun. Skripsi. 91.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, ed.I, Jakarta: KENCANA PRENAMEDIA GROUP

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Haris, A., & Khoirunnisa, N. (2024). Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(2). https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10492