Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan Dalam Pendidikan Islam (Kajian Surat Al-Insan)

Authors

  • Muntohar Zayyan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10506

Abstract

Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah studi pustaka yaitu penelitian yang difokuskan melalui kajian kepustakaan atau literatur. Adapun prosedur penelitian ini, yaitu dengan berupaya untuk mendiskripsikan dan menganalisis mengenai nilai-nilai kemanusiaan yang ada di dalam surat Al-Insan. Manusia merupakan makhluk Allah yang diberikan kemuliaan dan penghormatan dibandingkan makhluk lainnya. Dari kemuliaan tersebutlah manusia memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang harus dijaga dan dihormati serta diperlakukan berbeda dengan makhluk lainnya. Kesadaran bersama akan kedudukan manusia inilah yang semestinya sesama manusia harus saling menjaga harkat dan martabatnya, meskipun memilki berbagai macam perbedaan ras, suku, bangsa, fisik dan bahasa. Ada beberapa alasan mengapa penulis memilih penelitian surat al-Insan, Pertama secara nama, surat ini bermakna manusia (al-Insan). Kedua penulis meneliti dibeberapa ayat yang mengandung nilai-nilai kemanusiaan. Berdasarkan penelitian ini penulis menemukan nilai-nilai kemanusiaan yaitu nilai kebenaran, nilai kepedulian, nilai persamaan, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, saling menolong tanpa pamrih, dan nilai menghargai martabat fisik manusia (sifat basyariah). Nilai-nilai ini diimplementasikan dalam pelaksanaan
tujuan pendidikan Islam sendiri, rahmatan lil alamiin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Husni Hamim, Nurwadjah Ahmad & Andewi Suhartini. (2021). Pengembangan Potensi Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Hawari, Vol . 2 (1), 36.

Alu Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman. (2008). Tafsir Ibnu Katsir. Terj. M. Abdul Ghoffar. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i, Jilid ke-5)

Az-Zuhaili, Wahbah. (2016). Tafsir Al-Munir (Aqidah, Syari’ah, Manhaj). Terj. Abdul Hayyie al-Kattani, et.al. (Jakarta: Gema Insani).

Dailamy. (2014). Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. (Bantul, DIY: Trussmedia Grafika).

Daud Ali, Muhammad. 1998). Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Rajawali Press).

Departeman Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka, Edisi ke-3.)

Hamka. (1984). Tafsir Al-Azhar (Juz XXIX). (Jakarta: Citra Serumpun Padi).

Ilyas, Yunahar. 2007. Tipologi Manusia Menurut Al-Qur’an. (Yogyakarta: LABDA PRESS).

Kementerian Agama. (2010). Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid X. (Jakarta: Lentera Abadi).

Muhammad ahmad & M. Mudzakir. (1998). Ulumul Hadis. (Bandung: Pustaka Setia).

Nata, Abudin. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. (Jakarta: Kencana).

Nasih Ulwan, Abdullah. (1981). Pedoman Pendidikan Anak dalam islam. (Semarang: CV Asyifa).

Rusydiah. (2020). Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an (Study Terminologi al-Basyar, al-Insan dan an-Nas). Jurnal Pemikiran

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Zayyan, M. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan Dalam Pendidikan Islam (Kajian Surat Al-Insan). HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(2). https://doi.org/10.35706/hw.v4i2.10506